Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

90 Kepala Sekolah Berstandar Internasional Kumpul di Jakarta

Kompas.com - 02/04/2008, 20:13 WIB


JAKARTA, SENIN--Sedikitnya 90 kepala sekolah dan calon kepala sekolah dari seluruh Indonesia yang mewakili sekolah-sekolah berstandar internasional, sekolah kejuruan dan sekolah luar biasa, akan menghadiri School Leadership Symposium, Kamis (3/4) di Hotel Atlet Century Park, Jakarta. Simposium kali ini merupakan bagian dari serial pelatihan school leadership program yang telah diadakan sejak Agustus 2007 - Maret 2008 dan sudah berlangsung empat kali, digelar di Makassar, Surabaya, Bandung dan Jakarta.

Lewat simposium kali ini diharapkan para peserta akan menyusun program tindak lanjut school leadership dan juga sebagai forum evaluasi mengenai hasil dari pelatihan. Melalui fasilitator Tom Whittingham dan Liz Townend dari South Gloucestershire Council, mereka akan merancang peranan pemimpin di sekolah melalui tiga area. Ketiga area itu meliputi peningkatan keterampilan kepemimpinan, mendukung pengembangan tehnik pengajaran secara kreatif (seperti penggunaan berbagai media dan teknologi dalam proses belajar mengajar) dan menyediakan kerangka kerja untuk memperkenalkan dimensi internasional dalam dunia sekolah.

School leadership merupakan komponen inti dari kegiatan British Council dalam mendukung pendidikan di Indonesia. Para kepala sekolah sebagai kelompok yang memiliki pengaruh dalam membentuk strategi serta peraturan di sekolah, para guru (sebagai kelompok yang dapat melakukan perubahan dalam pengembangan kurikulum dan materi pengajaran).

"School leadership program memiliki keunikan karena melibatkan seluruh aspek sekolah dan menawarkan kesempatan yang berharga bagi para kepala sekolah, guru dan siswa dari Indonesia dan Inggris untuk saling belajar dan bertukar pengalaman,” jelas Director Learning and Creativity, Christopher Palmer, dalam release yang dikirim ke Kompas.com.

Program ini terlaksana atas inisisasi dari British Council bekerja sama dengan Direktorat Jendral PMPTK, UPT dan South Gloucestershire Council. Rencananya, simposium akan dibuka  Director British Council, Margaret Jack dan Director General Quality Improvement for Teacher and Education Personnel, Baedowi. (BEC)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com