Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cagub Ikut "Kampanye" pada Demo Hardiknas

Kompas.com - 02/05/2008, 15:59 WIB

KEDIRI, JUMAT - Salah satu Calon Gubernur Jawa Timur menyusupi aksi damai dalam Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di Kabupaten Kediri, Jumat. Panitia Pengawas Pilgub Jatim Kabupaten Kediri menemukan adanya selebaran yang disisipi makanan ringan, permen, dan label bergambar salah satu Cagub Jatim.
     
"Temuan ini akan kami tindak lanjuti, karena tim sukses salah satu calon telah melakukan kampanye sebelum waktunya," kata anggota Panwas Pilgub Jatim Kabupaten Kediri, Muji Harjito.
     
Ia mengungkapkan, selebaran itu dibagi-bagikan sekelompok pemuda kepada para pengguna jalan yang melintas Pertigaan Ngadiluwih, Kabupaten Kediri, sekitar pukul 15.30 WIB.
     
Dia menduga, pembagian selebaran itu juga dilakukan beberapa pengunjuk rasa yang mengikuti aksi damai di Pare dan Banyakan. Sementara itu, puluhan pelajar di Kota Kediri juga menggelar aksi damai Hardiknas yang diperingati setiap tanggal 2 Mei.
     
Sekitar 30 siswa dari berbagai sekolahan yang tergabung dalam Forum Putra Daerah Peduli Pendidikan (FPDP2) menggelar orasi di depan GNI, Jalan Mayjen Sungkono, Kediri. Mereka mendesak Pemerintah Kota Kediri membangun iklim pendidikan yang memberikan ruang dan kesempatan yang lebih luas kepada para pemuda dalam membangun bangsa.
     
"Di kota ini banyak pemuda berkualitas, beri mereka kesempatan untuk membangun daerah dan bangsa ini," kata Imam Basori, selaku koordinator aksi dalam orasinya.
     
Sedang di Alun-alun Kota Kediri, sekitar 20 orang mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) dan Universitas Islam Kadiri (Uniska) yang tergabung dalam Front Pemuda Peduli Pendidikan (FPPP), juga melakukan orasi. (ant)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com