Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pangeran Charles Puji Museum Nasional

Kompas.com - 03/11/2008, 14:09 WIB

JAKARTA, SENIN - Putra Mahkota Kerajaan Inggris, Pangeran Charles Philip Arthur George (60), menyatakan kekagumannya terhadap Museum Nasional ketika mengunjunginya, Senin (3/11)."Sangat Indah. Sayang, saya hanya memiliki waktu sebentar di sini," ujar Pangeran Charles singkat di Ruang Batu Arkeologi Museum Nasional.

Di ruangan tersebut, Pangeran Charles yang didampingi oleh Duta Besar Inggris Martin Hatfull terlihat sangat tertarik pada Arca Bhairawa, yang merupakan perwujudan Raja Adityawarman yang pernah memerintah Melayu pada tahun 1347-1774. Patung ini ditemukan di Rambahan, Sumatra Barat.

Beberapa kali ayah Pangeran William dan Harry ini bertanya-tanya dan mengangguk-angguk mendengar penjelasan staf Museum Nasional. Usai berkeliling di Ruang Batu, alumni Universitas Cambridge ini menuju Ruang Etnografi. Di ruang ini, Pangeran mengamati Arca Sigale-gale yang berbalutkan kain khas Batak, Ulos.

Selain itu, dia juga melihat Peta Kepulauan Indonesia yang berukutan sekitar enam meter persegi, serta perhiasan khas daerah Aceh.

Puas melihat Ruang Etnografi, Pangeran Charles, yang siang ini mengenakan stelan jas berwarna abu-abu dan kemeja lengan panjang biru garis-garis, langsung menuju Ruang Kaca. Di ruang ini, Pangeran Charles disuguhi alunan musik Gamelan Nego asal Jawa Barat.

Usai menikmati dentingan Gamelan, Putra tertua Ratu Elizabeth II ini langsung menuju ruang Indonesia Business Link, untuk menghadiri workshop bertema Mentorship and Writing Business Plan Workshop, yang merupakan kerja sama antara perusahaan konsultan Accenture, McKinsey&Company, Diageo Foundation, serta British Council.

Dalam workshop yang diikuti 70 peserta yang hampir seluruhnya menggenakan batik ini, Pangeran Charles sempat berbincang-bincang dengan pengusaha muda yang bergelut di bidang kerajinan, kursus bahasa Inggris, dan lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com