Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di NTB, Perempuan Dominasi Buta Aksara

Kompas.com - 20/03/2009, 09:11 WIB

MATARAM, KOMPAS.com — Kaum perempuan di NTB lebih banyak yang buta aksara dibandingkan dengan kaum lelaki.
    
"Jumlah perempuan yang buta aksara tercatat 186.665 orang, sedangkan laki-laki sebanyak 129.565 orang," kata Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga NTB Ma’shum di Mataram, Jumat (20/3).
    
Untuk tahun 2009, sebanyak 75.160 buta aksara akan diberantas melaui dana APBN, sementara 8.760 lainnya melalui dana APBD I NTB. "Sebenarnya sisa penderita buta aksara di NTB sekitar 165.000 orang telah dituntaskan pada tahun 2007, terutama usia 15-44 tahun. Namun, karena ada program baru tidak ada istilah belajar hingga usia 44 tahun sehingga program pemberantasan buta aksara tetap dilanjutkan."
    
Dalam pemberantasan buta aksara, pemerintah mengerahkan semua pihak, tidak hanya Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM), tetapi juga Dewan Masjid, Karang Taruna, dan Parisada Hindu Dharma. Untuk itu, kini pemberantasan buta aksara ditujukan untuk usia 15-45 tahun, tetapi diarahkan pada usia 45 tahun hingga masuk liang kubur.
    
Buta aksara secara terus-menerus dibina oleh pemerintah dengan cara memberikan modal usaha dan keterampilan, seperti pedagang kaki lima, jual bakulan, dan membuat anyaman.
    
Yang menjadi kendala adalah kurangnya minat mereka untuk belajar. Pada minggu-minggu pertama peserta didik masih banyak, tapi setelah minggu keempat hingga kelima dan keenam peserta sudah menghilang. "Alasan masyarakat untuk tidak mau belajar di samping faktor usia juga sibuk mencari nafkah untuk kebutuhan hidup sehari-hari dengan berjualan keliling dari kampung ke kampung," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com