Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menjawab Kebutuhan Ahli ICT

Kompas.com - 02/05/2009, 14:51 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Information and communication dan technology (ICT) kini semakin nyata merasuki kehidupan kita dan kian berpengaruh pada cara berkomunikasi, bekerja, berkreasi, maupun mendapatkan informasi dan hiburan di mana pun tanpa dikekang ruang dan waktu. Khususnya di kalangan generasi muda, yang kini semakin berlaku sebagai digital natives, yang kesehariannya tak pernah lepas dari teknologi digital di sekelilingnya.

Menjawab tantangan dan kebutuhan itu, Universitas Multimedia Nusantara (UMN) hadir bagi para generasi muda yang ingin mengedepankan kualitas dalam penguasaan bidang ICT. Dr (HC) Jakob Oetama, Pemimpin Umum dan Pendiri UMN mengatakan, UMN mendidik generasi muda Indonesia tidak hanya menguasai ICT. "Melainkan juga membentuk watak dan kepribadian sehingga mampu memanfaatkan ICT secara maksimal," kata Jakob Oetama.

Mendirikan UMN, Kompas Gramedia, yang merupakan kelompok perusahaan terkemuka di bidang media, penerbitan, percetakan, toko buku, dan hotel, melihat adanya tantangan kemajuan ICT yang kini semakin pesat. Dengan visi menjadi perguruan tinggi unggulan di tingkat nasional dan internasional bidang ICT, UMN mampu menghasilkan lulusan dengan kompetensi tinggi di bidang itu dan dengan dilandasi jiwa technopreneur yang berbudi pekerti luhur.

Melalui visi itulah, UMN berharap dapat menjawab segala tantangan zaman terhadap berbagai macam kebutuhan tenaga ahli di bidang ICT.

Mengapa UMN?

Perbedaan mencolok antara UMN dan universitas lain adalah pada daya dukung industri terkaitnya, yaitu Kompas Gramedia. Selain menyediakan kurikulum yang terfokus pada bidang ICT, kampus yang berlokasi di Plaza Summarecon, Serpong, Tangerang, ini juga menawarkan kesempatan magang di Kompas Gramedia.

Pun, selain menyiapkan tenaga pengajar berkualitas, UMN menerapkan experienced based learning dengan menghadirkan para ahli dan profesional yang berpengalaman di bidang terkait. Beberapa di antaranya adalah Arbain Rambey (fotografer harian Kompas) dan Dwi Koen (Komikus).

Keunggulan lain UMN juga terletak pada laboratorium dan perpustakaan mutakhir, kerja sama dengan Mircosoft, Oracle, serta Cisco, kerja sama dengan universitas lain di luar negeri, pembekalan konsep enterpreneuership, business incubator yang terintegrasi dengan kurikulum, serta dormitory atau asrama.

Dengan semua keunggulan tersebut, semua lulusan UMN diharapkan mampu menjadi pemimpin di bidang ICT. Pemimpin yang akan mampu bersaing secara global dan memberikan kontribusi yang signifikan bagi bangsa Indonesia.

Program studi

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com