Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siswa SD di Lebak Dapat Beasiswa

Kompas.com - 06/05/2009, 23:47 WIB

LEBAK, KOMPAS.com - Sebanyak 19.159 siswa SD berasal keluarga miskin di Kabupaten Lebak akan memperoleh bantuan beasiswa dari Departemen Pendidikan Nasional.
    
Kepala Bidang Pendidikan Dasar, Dinas Pendidikan Kabupaten Lebak Samanan, Rabu (6/5), mengatakan, bantuan beasiswa bagi anak miskin salah satu upaya untuk membantu dan mensukseskan program penuntasan wajib belajar pendidikan dasar sembilan tahun. "Dengan bantuan ini diharapkan siswa dari keluarga miskin bisa menyelesaikan pendidikan sembilan tahun," katanya.
    
Menurut dia, bantuan beasiswa tersebut dari kelas satu sampai kelas enam dan mereka menerima dana dari pemerintah  melalui kantor pos dan sampai ke tangan yang berhak menerimanya.
    
Pemberian beasiswa bagi anak miskin, kata dia, sudah  disosialisasikan ke sekolah masing-masing untuk mengetahui tentang petunjuk pelaksana dan teknis program tersebut.
    
Kegiatan sosialisasi ini, lanjut dia, agar bantuan beasiswa benar-benar sampai ke tangan penerima dan tidak ada pungutan sepeserpun.
    
Akan tetapi, kuota siswa anak miskin yang menerima beasiswa untuk Kabupaten Lebak yang menentukan adalah Dinas Pendidikan Provinsi Banten.
    
Menyinggung kriteria penerima beasiswa ini, kata Samanan, siswa dari keluarga miskin dengan dibuktikan keterangan dari desa atau kelurahan dan memiliki surat keluarga  miskin (gakin).
    
Ia menyebutkan, bantuan beasiswa itu berupa uang Rp 360.000 per tahun. Dengan adanya  program beasiswa ini, diharapkan motivasi belajar anak lebih meningkat juga bisa mengantisipasi anak putus sekolah. "Sebagian besar anak putus sekolah di jenjang SD karena orangtuanya tak mampu membeli seragam pakaian, sepatu dan alat-alat sekolah lainnya," ujarnya.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com