Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Siswi SD Terima Dokter Kecil Award

Kompas.com - 08/05/2009, 17:27 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Tiga siswi sekolah dasar (SD) menerima "Dokter Kecil Award" dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) karena dinilai memiliki pengetahuan, keahlian dan kemampuan komunikasi sosial yang baik sebagai dokter kecil.
    
Ibu Negara Ani Yudhoyono menyerahkan penghargaan tersebut kepada Hedianti Deliana dari SD Hang Tuah X (Jawa Timur), Agnia Dewi Larasati dari SD Global Islamic School (Jakarta) dan Safitri Rinjani dari SDN 05 Bukit Raya (Riau) dalam seremoni yang diselenggarakan di Jakarta pada Jumat.

Selain mendapatkan piala dan ensiklopedia, ketiga dokter kecil berprestasi tersebut juga mendapatkan tabungan masing-masing Rp5 juta untuk Hedianti, Rp3,5 juta untuk Agnia dan Rp2,5 juta untuk Safitri.

Dalam seremoni yang juga dihadiri Menteri Pendidikan Nasional Bambang Sudibyo, Ketua MPR RI Hidayat Nurwahid dan Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo tersebut, Ibu Negara mengatakan bahwa gagasan pemberian penghargaan bagi dokter kecil yang berprestasi berawal dari keinginan untuk memberikan pendidikan kesehatan bagi masyarakat dan menyiapkan sumber daya manusia masa depan.

"Upaya ini diharapkan bisa menumbuhkan kader-kader kesehatan kecil dan menanamkan arti hidup sehat sejak dini," kata Ibu Negara yang siang itu mengenakan kemeja ungu muda.

Ketua Pengurus Besar IDI Fachmi Idris pun mengatakan, pemberian penghargaan bagi dokter kecil diharapkan dapat menumbuhkan agen-agen promosi kesehatan yang akan mendorong perubahan perilaku kesehatan dalam masyarakat.

"Kami juga berharap sekolah-sekolah lain yang sekarang belum terlibat selanjutnya bisa mengikuti program ini," katanya.

Fahmi menjelaskan, pendidikan kesehatan bagi anak melalui kegiatan dokter kecil merupakan salah satu upaya PB IDI untuk meningkatkan kepedulian komunitas terhadap kesehatan diri dan lingkungan.
    
PB IDI juga bekerjasama dengan Solidaritas Isteri Kabinet Indonesia Bersatu (SIKIB) untuk mempromosikan perilaku hidup sehat dan meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan.
    
Nota kesepahaman kerjasama tersebut ditandatangani Fachmi Idris dan Koordinator Program Indonesia Sehat SIKIB Sri Kusuma Andani Hendarman Supanji.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com