Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Investasi, Penting buat Mahasiswa yang Mau Mandiri

Kompas.com - 24/05/2009, 13:47 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Seorang mahasiswa harus menyadari bahwa keberhasilannya menyelesaikan studi berawal dari kemandirian. Salah satunya adalah kemandirian dalam bidang finansial.

Hal tersebut disampaikan oleh Denny Thaher, Presiden Direktur PT Manulife Aset Manajemen Indonesia (MAMI), Jumat (22/5), dalam kuliah umum dan seminar "Pemahaman Dasar Berinvestasi, Pentingnya Investasi Bagi Generasi Muda, serta Mekanisme Reksadana" di Fakultas Ekonomi Universitas Katolik Atmajaya, Jakarta.

Thaher mengatakan, kesadaran berinvestasi saat ini bukan lagi hanya milik orang dewasa yang berkantong tebal. Mahasiswa juga sudah harus sadar akan hal itu karena investasi saat ini sudah bisa dilakukan dengan menyisihkan Rp 5.000 per hari.

"Meski menyisihkan Rp 5.000 per hari, tapi dengan memulai sedini mungkin dan konsisten, mereka dapat mewujudkan impiannya sebab telah didukung oleh cadangan dana berbentuk investasi yang mereka kenali dan pahami dengan baik," ujar Thaher.

Menurut Thaher, mahasiswa merupakan pemimpin masa depan, yang harus sadar sejak dini bahwa semua upaya keberhasilan mereka harus selalu diawali dengan ketekunan dan kemandirian. "Dan mulai sekarang, kemandirian di bidang keuangan sebagai salah satu pendukungnya harus dimulai dengan kesadaran berinvestasi dalam bentuk apa pun, salah satunya melalui reksa dana,” tambahnya.

Senada pendapat Thaher, pembicara seminar lainnya, yaitu Rian Kaslan, Head of Wealth Management Commonwealth Bank Indonesia, mengatakan bahwa untuk mengampanyekan kesadaran tersebut, institusinya mau bekerja sama dengan MAMI untuk mendatangi kampus-kampus.

"Kami ingin memberi kesadaran kepada para mahasiswa untuk mulai berinvestasi sedini mungkin dengan konsisten demi mewujudkan impian-impian mereka di masa depan,” ujar Rian.

Untuk itulah, tak cukup dengan teori di kuliah umum dan seminar, para mahasiswa juga akan diberikan workshop yang bisa memberikan pemahaman lebih mendalam mengenai investasi di bidang reksa dana, risiko investasi, sampai pemahaman cara membaca prospektus, serta fund fact sheet.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com