Adu Jago TIK, Hadiahnya 1 Miliar! - Kompas.com

Adu Jago TIK, Hadiahnya 1 Miliar!

Kompas.com - 27/05/2009, 14:46 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pendaftaran peserta 'Indonesia ICT Award (INAICTA) 2009' tinggal beberapa hari lagi. Berharap lahirkan banyak karya TIK untuk mampu menjadi tuan rumah di negeri sendiri, total hadiah disediakan senilai satu miliar rupiah.

Hal tersebut diungkapkan Hari Sungkari, Ketua Penyelenggara INAICTA 2009, Rabu (26/5). “Target kami tahun ini lebih menekankan kualitas karya yang didaftarkan”, ujar Hari.

Hari menambahkan, karya-karya yang diperbolehkan ambil bagian dalam kompetisi ini hanya karya yang telah menjadi produk. "Kecuali untuk kategori riset dan penelitian," ujarnya.

INAICTA 2009 merupakan gelaran ketiga yang penyelenggaraannya didukung oleh Departemen Komunikasi dan Informatik. Mengambil tema “Kreativitas Digital untuk Membangun Bangsa”, Hari berharap ajang ini bisa melahirkan karya-karya Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam negeri yang mampu menjadi tuan rumah di negerinya sendiri dan mendorong para penciptanya sebagai pemain TIK di kancah global.

Tahun ini, INAICTA menawarkan total hadiah senilai satu miliar rupiah. Selain itu, pemenang juga akan memeroleh kesempatan mengikuti program pendampingan usaha atau Business Matchmaking Program selama enam (6) bulan dan mewakili Indonesia di ajang Asia Pacific ICT Award (APICTA) 2009.

“Untuk itu kami melakukan dua tahap penjurian guna menjaga kualitas karya-karya yang masuk, dengan tim juri yang kompeten di bidangnya,” kata Hari.

Pendaftaran peserta akan ditutup 31 Mei 2009. Penjurian dijadwalkan mulai Juni dan akan ditampilkan dalam eksibisi pada tanggal 28 dan 29 Juli mendatang.

Selain menampilkan karya para peserta kompetisi, INAICTA 2009 juga akan menggelar seminar dan workshop untuk menambah wawasan TIK bagi bagi khalayak umum dan pelajar atau mahasiswa.

Editor
Close Ads X