Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bu Guru, Penulisan Bahasa Inggris Itu Perlu, Lho!

Kompas.com - 08/06/2009, 16:31 WIB

DEPOK, KOMPAS.com - Universitas Indonesia (UI) yang diprakarsai oleh Lembaga Bahasa Internasional (LBI) gelar pelatihan Bahasa Inggris gratis bagi para pengajar Bahasa Inggris kelas 10 dan 11 dari 25 SMA di Depok dan Jakarta Selatan.

Bertema 'Teaching Writing to High Schooler: Adapting the Syllabus towards Nurturing Students Writing Habits', pelatihan dilaksanakan Senin (8/6) di kampus Fakultas Ilmu Budaya (FIB), Kampus Baru, UI, Depok. Program pelatihan ini merupakan bagian dari program Corporate Social Responsibility (CSR) dari UI.

"Tahun lalu kami membuatnya untuk guru tingkat SD, tahun ini gantian kami membidik guru-guru SMA. Antusiasme mereka sangat tinggi," ujar Indah Welasasih, panitia pelatihan dari LBI.

Indah mengatakan, itu terjadi karena selama ini para guru terpaku oleh materi text book yang orientasinya pada Ujian Nasional (UN). Alhasil, konsep penulisan Bahasa Inggris dikesampingkan. Untuk itulah, fokus pelatihan diarahkan ke penulisan, yaitu penulisan esai dan teks fungsional pendek.

"Karena ketika masuk universitas mereka harus menghadapi tugas atau paper yang umumnya mulai menggunakan konsep penulisan berbahasa Inggris," ujar Indah.

Indah menambahkan, dalam pelatihan ini guru-guru tersebut diajak mengenal penulisan pendek seperti membuat brosur, pengumuman atau undangan, serta tulisan panjang atau esai.

"Kami berharap silabus ini bisa dirangkai dalam satu semester oleh si guru dan bisa dijadikan alat untuk memotivasi siswa agar bisa menulis dengan baik," ujar Indah. "Dan menulis dalam Bahasa Inggris itu kelak bisa menjadi kebiasaan mereka," tambahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com