Minggu, 26 Oktober 2014

News / Edukasi

Asyik, Beasiswa Penuh SMP-SMA ke Singapura!

Kamis, 11 Juni 2009 | 15:16 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — ASEAN Scholarships; Nurturing Young Minds dari Kementerian Pendidikan Singapura adalah beasiswa ASEAN penuh bagi para pelajar berprestasi untuk melanjutkan pendidikan pada tingkat sekolah menengah pertama (SMP) dan sekolah menengah atas (SMA) di Singapura.

Tingkat pendidikan yang ditempuh itu akan berakhir dengan ujian General Certificate of Education Advanced Level (GCE ‘A’ Level Examination) atau setara dengan examination. Jika sukses menempuh ujian GCE ‘A’ Level Examination ini, pendaftar bisa melanjutkan pendidikannya hingga tingkat sarjana, baik itu di National University of Singapore (NUS), Nanyang Tecnological University (NTU) atau Singapore Management University (SMU) melalui program beasiswa yang diberikan oleh universitas bersangkutan.

Seperti tercantum di http://www.moe.gov.sg/education/scholarships/asean, beasiswa itu meliputi bebas biaya pendidikan serta biaya ujian, biaya hidup per tahun sebesar 2,200 dollar Singapura atau sekitar Rp 15.675.000, akomodasi (makan dan tinggal, tiket pulang pergi satu kali dari dan ke Singapura, dan lain-lainnya termasuk biaya kesehatan).

 Tidak ada ikatan apa pun atas perolehan beasiswa ini. Siapa pun, pelajar yang memang memenuhi syarat, dapat mendaftar untuk beasiswa pada SMP Kelas III di Singapura.

Syaratnya, pendaftar adalah seorang warga negara Indonesia. Usia pendaftar tidak lebih dari tahun kelahiran antara tahun 1992 dan 1994, telah menempuh Ujian Nasional (UN) 2008, serta memiliki prestasi cemerlang di sekolah.

Pendaftar memenuhi syarat akan dipanggil dan bersiap mengikuti ujian pemilihan di bidang pengetahuan umum, Bahasa Inggris, serta Matematika. Ujian berlangsung pada bulan Agustus 2009 mendatang di Jakarta, Medan, serta Surabaya.

Screening selanjutnya, peserta yang lulus tiga tes tersebut harus mengikuti wawancara pada bulan September. Kandidat yang berhasil akan tiba di Singapura pada November 2009 dan segera mengikuti kursus singkat penyesuaian diri dalam Bahasa Inggris sebelum akhirnya memasuki sekolah di Singapura pada Januari 2009 mendatang.

Dibuka sejak 6 Juni 2009 lalu, pendaftaran beasiswa ini akan ditutup pada 15 Juli mendatang. Formulir bisa didapatkan di Kedutaan Besar Singapura di Jakarta atau melalui aplikasi online di https://isams.moe.gov.sg/azs/index.do?schmCat=ASEAN.


Editor :