Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seluruh Siswa Tak Lulus Mendaftar Kejar Paket C

Kompas.com - 17/06/2009, 17:31 WIB

GRESIK, KOMPAS.com- Seluruh siswa tingkat SMA yang tidak lulus Ujian Nasional di Kabupaten Gresik mendaftarkan diri ikut Ujian Kejar Paket C yang digelar pada 23-26 Juni mendatang. Sementara di Bojonegoro dari siswa yang tidak lulus 620 mendaftar ikut ujian Kejar Paket C, dan 18 mengulang ikut Ujian Nasional tahun depan.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Gresik Chusaini Mustaz, Rabu (17/6), menjelaskan karena memilih ikut Ujian Kejar Paket C, siswa bersangkutan berpindah dari jalur formal ke informal. Meskipun hanya tidak lulus Ujian Nasional satu bidang studi sesuai aturan harus mengulang seluruh bidang studi yang diujikan.

"Nantinya siswa dari program IPS, Bahasa dan siswa SMK jurusan Ekonomi (SMEA) atau yang bersifat non teknik ikut Ujian Paket C IPS. Adapun siswa dari program IPA, dan siswa SMK dari jurusan teknik (STM) ikut Ujian Kejar Paket C IPA," kata Mustaz.

Bila siswa memilih mengulang Ujian Nasional, maka diberi kesempatan mengulang hanya bidang studi yang tidak lulus UN. "Tetapi risikonya dia menunggu UN lagi tahun depan dan hanya diberi kesempatan sekali untuk mengulang," ujar Mustaz.

Tahun ini peserta UN di Gresik yang tidak lulus sebanyak 259 orang dari 10.978 peserta. Dari 2.390 peserta UN SMK tidak lulus 12 siswa. Dari 5.618 siswa SMA yang ikut UN tidak lulus 73, dan dari 2.970 siswa Madrasah Aliyah tidak lulus 174.

Siswa yang tidak lulus UN disarankan ikut Ujian Kejar Paket C. Dinas Pendidikan Gresik menyediakan tempat pelaksanaan Ujian Kejar Paket C (UKPC) di Kota Gresik, Manyar, Dukun, Sidayu, dan untuk wilayah selatan di Cerme. Hal itu masih perlu dibahas dengan Unit Pelaksana Teknis Dinas Pendidikan yang beberapa siswanya tidak lulus.

Di Bojonegoro, siswa tingkat SLTA yang tidak lulus UN sebanyak 638 siswa, dengan rincian 440 siswa MA, 166 siswa SMA dan 32 siswa SMK. Dari siswa yang tidak lulus hanya 620 yang mendaftar Ujian Kejar Paket C.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bojonegoro Zainudin menyebutkan, pelaksanaan ujian Paket C sendiri akan digelar 23-26 Juni mendatang dan dipusatkan di MAN 1 dan 2 di jalan Munginsidi Kabupaten Bojonegoro. Mata pelajaran yang diujikan sama seperti tahun sebelumnya terdiri enam mata pelajaran sesuai j urusan yang dipilih IPA atau IPS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com