Rabu, 1 Oktober 2014

News / Edukasi

Hebat, Nilai UN SMP Swasta di Gresik Kalahkan SMP Negeri!

Jumat, 19 Juni 2009 | 19:43 WIB

GRESIK, KOMPAS.com - Pengumuman hasil Ujian Nasional (UN) tingkat SMP dan SD di Kabupaten Gresik, Jawa Timur, akan diumumkan terbuka besok, Sabtu (20/6).

Menurut Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Gresik Chusaini Mustaz, secara kelembagaan rata-rata nilai UN SMP swasta di Gresik jauh lebih bagus daripada SMP negeri. Hal tersebut dikatakan oleh Chusaini, Jumat (19/6) malam, seusai rapat membahas kelulusan siswa.

Peserta UN tingkat SMP di Gresik diikuti oleh 11.145 peserta. Dari sekolah negeri yang tidak lulus mencapai 15 siswa, sedangkan di SMP swasta hanya tiga siswa.

Selain itu, untuk perorangan kategori sekolah swasta, siswa SMP Sunan Dalem Gumeno atas nama Fitria Alfina berhasil menempati peringkat ke-9 se-Jawa Timur. Di tingkat Jawa Timur, SMP Maarif Panceng menempati posisi 11, baik di antara sekolah negeri maupun swasta dengan rata-rata 37,5.

Sementara itu, sekolah favorit SMPN 1 Gresik menempati peringkat ke-19 dengan rata-rata nilai 37,2. Jika hanya dilihat sekolah negeri saja, SMPN 1 Gresik menempati urutan ke-15. Sedangkan untuk SMP swasta, SMP Maarif Panceng menempati urutan ke-3 se-Jawa Timur.

Lain halnya dengan SMP YIMMI Gresik, sekolah swasta ini menempati urutan ke-9. Sementara itu, SMP Muhammadiyah Gresik di urutan ke-11.

"Mungkin karena jumlah siswa di swasta tidak sebanyak di negeri, jadi nilai rata-ratanya lebih tinggi," kata Mustaz.

 


Editor :
Sumber: