Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Duh, Bu Guru, Gajimu Itu Lho...

Kompas.com - 25/06/2009, 19:16 WIB

GUNUNG KIDUL, KOMPAS.com — Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Kasiyo, mengatakan gaji sebagian guru di Gunungkidul masih rendah.

"Masih ada guru yang bergaji jauh di bawah upah minimun provinsi, sedangkan kesenjangan antara guru sekolah swasta dan negeri masih terjadi," kata Kasiyo di Wonosari, Kamis (25/6).

Kasiyo mengatakan, guru yang mengajar di pinggiran dan perkotaan memiliki kesenjangan pendapatan sehingga banyak guru di Kabupaten Gunungkidul yang belum terpenuhi kesejahteraannya.

"Kami tidak memiliki data pasti tentang gaji guru yang rendah. Namun sebagian gaji guru honorer di beberapa sekolah hanya mendapat gaji antara Rp 250.000 dan Rp 350.000 per bulan," katanya.

Dia mengatakan, gaji tersebut jauh di bawah upah minimum Provinsi DIY, yang mencapai Rp 800.000. Masih minimnya kesejahteraan guru dinilai menjadi salah satu penyebab rendahnya prestasi yang dicapai siswa di Kabupaten Gunungkidul.

"Guru dengan kesejahteraan rendah tentu memengaruhi kualitas belajar mengajar," katanya.

Sementara itu, menurut Imam Taufik, Sekretaris Komisi D DPRD Gunungkidul sebagai komisi yang membidangi pendidikan, rendahnya prestasi siswa di sekolah tidak serta merta merupakan kesalahan guru dalam menyampaikan materi pelajaran atau sumber daya manusia siswa yang rendah.

"Namun, diakui, faktor kesejahteraan guru akan berpengaruh pada kondisi belajar-mengajar siswa," katanya.

"Kesejahteraan guru akan berpengaruh pada kualitas pendidikan di sekolah sehingga, dengan pemberian kesejahteraan yang layak diharapkan, prestasi dunia pendidikan di Gunungkidul dapat meningkat," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com