Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UII Raih Penjaminan Mutu Internal Terbaik 2009!

Kompas.com - 06/07/2009, 17:14 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta menjadi perguruan tinggi dengan nilai penjaminan mutu internal terbaik di Indonesia versi Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti).

"Status itu diperoleh setelah menjadi perguruan tinggi dengan nilai tertinggi dalam kategori perguruan tinggi yang memenuhi syarat untuk site verification dan technical assistance," kata Rektor UII Prof Dr Edy Suandi Hamid MEc di Yogyakarta, Senin (6/7).

Menurut Edy, UII meraih nilai 477,5 atau yang tertinggi di antara 62 perguruan tinggi lain yang masuk kategori tersebut sebagaimana tertuang dalam dokumen hasil evaluasi sistem penjaminan mutu internal perguruan tinggi 2008 yang dikeluarkan oleh Ditjen Dikti belum lama ini.

"Penjaminan mutu perguruan tinggi dalam kerangka Ditjen Dikti itu pada dasarnya terdiri atas penjaminan mutu internal dan eksternal," katanya.

Ia mengatakan, penjaminan mutu internal sebagai salah satu subsistem dari sistem penjaminan mutu perguruan tinggi (SPMPT) itu telah diimplementasikan oleh perguruan tinggi di Indonesia, sedangkan penjaminan mutu eksternal dinilai dari akreditasi.

"Penjaminan mutu internal itu selanjutnya perlu dievaluasi keberhasilannya dalam meningkatkan mutu perguruan tinggi secara berkelanjutan. Evaluasinya kemudian dilaksanakan oleh sebuah kelompok kerja di lingkungan Direktorat Akademik Ditjen Dikti," katanya.

Menurut dia, desk evaluation terhadap 387 instrumen evaluasi yang telah diisi dan dikembalikan oleh perguruan tinggi responden menghasilkan enam perguruan tinggi yang dinilai tidak perlu melalui proses site verification dan technical assistance.

"Selain itu, juga menghasilkan sebanyak 127 perguruan tinggi memenuhi syarat untuk dilakukan site verification dan technical assistance. Dari proses itu UII kemudian menjadi perguruan tinggi dengan nilai evaluasi tertinggi," katanya.

Dia mengatakan, selain prestasi itu, penjaminan mutu UII yang pelaksanaannya dikelola oleh Badan Penjaminan Mutu (BPM) UII juga menjadi pendamping bagi implementasi penjaminan mutu pada sejumlah perguruan tinggi di Indonesia.

Beberapa universitas yang masuk dalam 62 perguruan tinggi yang dinilai berdasarkan site verification dan technical assistance merupakan mitra penjaminan mutu BPM, di antaranya Universitas Sumatera Utara, Institut Teknologi Telkom Bandung, Akademi Maritim Yogyakarta, Universitas Merdeka Malang, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Universitas Negeri Yogyakarta, dan Universitas Negeri Malang.

"BPM UII sebagai unit yang bertanggung jawab dalam sistem penjaminan mutu telah berdiri sejak 1999 dan merupakan unit penjaminan mutu pertama di tingkat PTN dan PTS di Yogyakarta dan Jawa Tengah, serta yang kedua di Indonesia setelah Universitas Bina Nusantara Jakarta," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com