Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Kirim Empat Tim ke Olimpiade Sains Internasional 2009

Kompas.com - 07/07/2009, 18:18 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com- Indonesia mengirimkan siswa-siswa SMA terbaiknya ke berbagai olimpiade sain internasional. Empat tim akan berlaga di bidang Fisika, Matematika, Biologi, dan Kimia.

Tim-tim yang akan berlaga membawa nama bangsa diterima, Selasa (7/7), oleh Direktur Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Depdiknas Suyanto di kantor Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta.

Pada bidang Fisika, Tim Olimpiade Fisika Indonesia (TOFI) akan berlaga di International Physics Olympiad (IPhO) ke-40 di Merida Yucatan, Meksiko pada 12-18 Juli. Pembina TOFI Yohanes Surya mengatakan, tim yang diberangkatkan adalah hasil seleksi Olimpiade Fisika Asia ke-10 di Bangkok, Thailand yang meraih dua medali emas, empat medali perak, dan dua medali perunggu.

"Targetnya meraih tiga medali emas," kata Yohanes.

TOFI terdiri atas Paul Zakharia Fajar Hanakata (SMAN 1 Denpasar), Dzuhri Radityo Utomo (SMAN 1 Yogyakarta); Andri Pradana (SMAK 1 BPK Penabur Jakarta); Winson Tanputraman (SMAK 1 BPK Penabur Jakarta); dan Fernaldo Richtia Winnerdy (SMAK BPK Penabur Banten).

Pada bidang Matematika, Indonesia mengirim enam siswa ke International Mathematical Olympiad (IMO) ke-50 yang diselenggarakan pada 10-22 Juli 2009 di Bremen, Jerman. Tim ditargetkan meraih dua medali perak dan empat medali perunggu.

Tim IMO Indonesia terdiri atas Joseph Andreas (SMAK 1 BPK Penabur Jakarta); Aldrian Obaja (SMAK 1 BPK Penabur Bandung); Andreas Dwi Maryanto Gunawan (SMAK Kolese Santo Yusup Malang); Raja Oktovin (SMAN 1 Pekanbaru); Ivan Wangsa Cipta Lingga (SMAK 1 BPK Penabur Jakarta); dan Ronald Widjojo (SMAK St.Louis 1 Surabaya).

Pada bidang Biologi, tim akan berlaga di arena kompetisi International Biology Olympiad (IBO) ke-20 pada 12-19 Juli 2009 di Tsukuba, Jepang. Tim IBO mengirimkan empat siswa dan ditargetkan menyumbangkan medali emas. Ajang IBO diikuti oleh sebanyak 220 siswa dari 55 negara.

Tim IBO Indonesia terdiri atas Anugerah Erlaut (SMA Kharisma Bangsa Tangerang); Irfan Haris (SMAN 1 Pringsewu, Lampung); Danang Crysnanto (SMAN 1 Wonogiri); dan Elbert Wijaya (SMAK Penabur Jakarta).

Adapun pada bidang Kimia, Tim Olimpiade Kimia Internasional (OKI) Indonesia akan bersaing di International Chemistry Olympiad (IChO) ke-41. Kompetisi akan berlangsung pada 18-27 Juli 2009 di London, Inggris. Tim OKI mengirimkan sebanyak empat siswa. Targetnya, meraih medali setara penyelenggaraan IChO ke-40 di Budapest, Hungaria yaitu satu medali emas, satu medali perak, dan satu medali perunggu atau minimal meraih dua medali perak dan dua medali perunggu. IChO akan diikuti sebanyak 66 negara peserta.

Tim OKI Indonesia terdiri atas Dimas Ramadhan Abdillah Fikri (SMA Taruna Nusantara Magelang); Ivana Polim (SMA Sutomo 1 Medan); Bening Tirta Muhammad (SMAN 8 Pekanbaru); dan Adhitya Mangalaputra (SMAK 1 BPK Penabur Jakarta).

Suyanto berharap agar tim dapat mempertahankan perolehan medali yang selama ini telah diraih. Dia menyebutkan, sepanjang 2008 Indonesia telah memperoleh sebanyak 118 medali emas dari berbagai ajang olimpiade.

"Tim Biologi, Fisika, dan Kimia agar membawa emas sebanyak-banyaknya. Khusus tim Matematika mudah-mudahan medali emasnya pecah tahun ini," kata Suyanto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com