Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

LIPI Gelar Pertemuan Ilmiah Teknologi Pengujian

Kompas.com - 27/07/2009, 19:47 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Teknologi pengujian dan penerapan standar dalam menghasilkan produk bermutu mampu meningkatkan daya saing nasional dalam menyambut perdagangan bebas 2010.

Karena itu, kegiatan penelitian dan pengembangan di bidang sistem mutu teknologi dan pengujian diperkuat. Salah satunya lewat acara Annual Meeting on Testing and Quality (AMTeQ) yang diselenggarakan oleh Pusat Penelitian Sistem Mutu dan Pengujian Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia.

Mohamad Tomtom, Ketua AMTeQ 2009, mengatakan, kegiatan itu merupakan pertemuan ilmiah tahunan antara pemerintah, industri, pakar, peneliti, mahasiswa, dan pengguna jasa sebagai sarana bertukar informasi untuk menunjang kegiatan penelitian dan pengembangan di bidang sistem mutu dan teknologi pengujian. Kegiatan berlangsung mulai Selasa (28/7) hingga Rabu ini di Graha Widia Bakti, Kawasan Puspitek Serpong, Tangerang.

"AMTeQ salah satunya bertujuan untuk meningkatkan keterlibatan teknologi pengujian dalam menghasilkan produk bermutu, terutama dalam mendukung penerapan standar nasional Indonesia (SNI). Wajib untuk meningkatkan daya saing nasional di AFTA 2010 dan pemenuhan mekanisme penerapan standar wajib-Technical Barrier to Trade," kata Tomtom.

Pemerintah pusat dan daerah, ujar Tomtom, perlu berkolaborasi memberikan pelayanan kepada publik, khususnya kepada industri dengan mempersiapkan salah satu infrastruktur penerapan standar wajib, yaitu laboratorium pengujian lengkap dengan teknologi dan sistem manajemen mutu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com