Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yuk, Hitung Biaya Sekolah ala Safir Senduk!

Kompas.com - 28/07/2009, 14:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Biaya pendidikan saat ini masih mahal, dan akan selalu naik terus. Nah, bagaimana cara Anda menghitung biaya pendidikan saat ini, untuk kemudian Anda hitung dan perkirakan sebagai biaya pendidikan saat anak Anda benar-benar masuk sekolah, kelak?

Sampai saat ini, biaya pendidikan menjadi salah satu pos pengeluaran yang tidak terhindar dari inflasi atau kenaikan harga barang dan jasa. Menurut pakar perencana keuangan Safir Senduk, inflasi merupakan hal yang paling ditakutkan oleh orang yang tinggal di suatu negara, termasuk Indonesia.

Namun, hal itu tidak perlu dirisaukan. Karena ketika pendidikan bagi anak-anak Anda sudah direncanakan dengan baik dan biayanya pun sudah dihitung dengan cermat, Anda tidak akan menemui masalah.

Untuk itu, simak beberapa langkah dan contoh sederhana di bawah ini sebagai hasil olah rencana keuangan yang diberikan oleh Safir Senduk.

Ambil contoh, anak Anda tahun ini berumur 1 tahun. Rencananya, di usianya yang keenam nanti Anda akan memasukkannya ke Sekolah Dasar swasta "A", yang biaya masuknya tahun ini sebesar Rp 15 juta. Nah, kira-kira, berapa besarnya biaya masuk SD "A" saat anak Anda berusia enam tahun?

- Pertama, jadikan inflasi sebagai patokan Anda menghitungnya.

- Jika inflasi mencapai 10 persen, berarti suatu barang yang tadinya seharga Rp 1 juta, setelah setahun harga barang tersebut mencapai Rp 1,1 juta

- Nah, jika biaya masuk ke SD "A" tahun ini sebesar Rp 15 juta, dengan inflasi 10 % (persen), maka biaya masuk SD tersebut tahun depan adalah 16.500.000.

- Caranya menghitung: 15.000.000 x 1,1 (10 %)  = 16.500.000 juta

- Tahun berikutnya atau tahun kedua, langkah yang dilakukan juga begitu, yaitu 16.500.000 x 1,1 = Rp 18.150.000 juta

- Begitulah seterusnya Anda menghitung hingga memeroleh angka pada tahun keenam. Yaitu, dengan mengalikan jumlah biaya di tahun yang terakhir dengan 10 persen atau 1,1 tahun

- Selamat mencoba!

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com