Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelajar Sidrap Juara Lomba Cipta Lagu Anak

Kompas.com - 04/08/2009, 02:42 WIB

Sidrap, Sulsel, Kompas.com--Meuwa, murid SD Negeri 3 Amparita Kecamatan Tellu Limpoe, Kabupaten Sidenreng Rappang (Sidrap), Sulawesi Selatan berhasil keluar sebagai juara III lomba cipta seni anak tingkat nasional di Istana Bogor, Jawa Barat.

Meuwa yang mewakili Sulawesi Selatan tersebut, mengungguli puluhan peserta lainnya dari 30 provinsi.

Kepala Sekolah Dasar Negeri (SDN) 3 Amparita, Sidrap, Sulang Hasan, yang turut mendampinginya langsung dari Istana Kepresiden Bogor, Senin, menyebutkan, Meuwa mendulang nilai tinggi melalui judul lagu ’Kuingin jadi Guru’ yang diciptakannya.

Dijelaskannya, panitia pemenang lomba menguraikan, masing-masing juara I, II dan III tersebut berhak menerima penghargaan, piala dan uang pembinaan jutaan rupiah dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang didampingi Nyonya Ani Yudhoyono di Istana Kepresidenan Bogor, Sabtu lalu (1/8).

Di acara tersebut, ratusan anak-anak SD dan Sekolah Menegah Pertama (SMP) tumpah ruah di halaman depan Istana Bogor. Mereka itu adalah para peserta Lomba Cipta Seni Anak-anak Tingkat Nasional 2009, yang tahun ini mengambil tema Ceria Anak Indonesia.

"Lomba ini diikuti 198 peserta hasil seleksi tingka provinsi, terdiri dari 99 anak SD dan Madrasah Ibtidayah, dan 99 siswa SMP, Madrasah Tsanawiyah dari 33 provinsi. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut realisasi ide dan gagasan Presiden SBY, dan sudah berlangsung empat kali." ujar Sulang Hasan.

Berdasarkan hasil keputusan tim juri yang dibacakan Nano Riantiarno kata Sulang, ditetapkan juara lomba lukis tingkat SMP diraih Febryani Aulia Eka Ramadona dari SMP 5 Jember, Jawa Timur. Tingkat SD diraih M. Tarisadi Fathurahman dari SD Islam Sabilal Muhtadin.

Sedangkan juara lomba cipta puisi tingkat SMP dimenangkan siswa SMPN I Tanjung Pinang Kepulauan Riau, untuk tingkat SD dimenangkan siswa dari SDN Binuang 6 Kabupaten Taping, Kalimantan Selatan. Sementara juara lomba cipta lagu tingkat SMP diraih Raudah Intan S dari DKI Jakarta, dan tingkat SD dimenangkan Andi Muharom dari Jawa Barat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com