Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Demi UN, Sulsel Alokasikan Rp 14 Miliar Dana Pengadaan Buku

Kompas.com - 06/11/2009, 10:03 WIB

MAKASSAR, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) mengalokasikan sebanyak Rp 14 miliar dana pengadaan buku yang berkaitan dengan kepentingan Ujian Nasional (UN) untuk siswa SMA di provinsi tersebut.

Menurut Kepala Dinas Pendidikan Nasional, H Patabai Pabokori di Makassar, Jumat (6/11), meskipun siswa SMA belum masuk dalam program pendidikan gratis di Sulsel, Pemprov tetap memberikan perhatian pada peningkatan kualitas siswa SMA dengan memberikan anggaran buku bacaan yang berkaitan dengan kepentingan UN.

Sementara menyoal program pendidikan gratis untuk siswa Sekolah Dasar (SD) dan sederajat, Patabai mengatakan, masing-masing siswa dianggarkan Rp 48 ribu pertahun, sedangkan masing-masing siswa SMP dan sederajat sebanyak Rp 191.200 pertahun. Dia bilang, alokasi dana program pendidikan gratis dengan total Rp 434 miliar pada periode 2009 itu akan bersinergi dan melengkapi dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) yang disalurkan dari dana APBN.

"Untuk dana BOS, setiap siswa SD dan sekolah sederajat mendapat alokasi dana sebanyak Rp 400 ribu pertahun, sementara siswa SMP masing-masing dianggarkan Rp 575 ribu per tahun," katanya.

Khusus untuk alokasi dana program pendidikan gratis di Sulsel, Patabai menuturkan, sebanyak 40 persen anggaran ditanggung oleh Pemprov Sulsel dan 60 persen lainnya oleh pemerintah kabupaten/kota. Dengan adanya nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) yang sudah ditandatangani antara Pemprov Sulsel dan 23 pemerintah kabupaten/kota, rata-rata alokasi anggaran pendidikan dari APBD kabupaten/kota sudah mencapai 20 persen.

"Padahal sebelum ada program pendidikan gratis itu, pemerintah kabupaten/kota hanya mengalokasikan anggaran pendidikan sebesar dua hingga tiga persen saja dari APBD-nya," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com