Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sekolah Tetap "Manut", UN Sesuai Rencana

Kompas.com - 26/11/2009, 15:27 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pihak sekolah tampaknya tidak terlalu berpengaruh pada putusan Mahkamah Agung (MA) yang kembali memenangkan gugatan masyarakat lewat citizen law suit terkait penyelenggaraan UN.

Seperti diberitakan sebelumnya, kasasi, yang diajukan pemerintah yang menolak putusan pengadilan tinggi soal kemenangan masyarakat atas gugatan ujian nasional dinyatakan, ditolak MA. Namun, sebagai satuan pelaksana pendidikan pihak sekolah sejauh ini tetap "manut" untuk menjadi pelaksana dan fasilitator UN yang direncanakan pada Maret 2009 mendatang.

"Kita tinggal ikut pemerintah saja. Buat kami, UN itu bagian dari proses pendidikan, ada UN kami siap, tidak ada pun tidak masalah," ujar Sugiarto, Kepala SMK Negeri 8 Jakarta kepada Kompas.com di Jakarta, Kamis (26/11).

Untuk sementara ini, kata Sugiarto, pihaknya masih menunggu keputusan selanjutnya dari Departemen Pendidikan Nasional dan Badan Standar Nasional Pendidikan. "Bagaimana soal penyelenggaraannya nanti, saat ini kami masih menunggu informasi lanjutan dari BSNP, terutama tentang Prosedur Operasi Standar (POS)," tambahnya.

Sementara itu, menurut Humas SMA Negeri 3 Jakarta Dra Titi Nurhayati, pelaksanaan UN sejauh ini masih sesuai rencana dari Depdiknas, yaitu Maret 2009. Siswa pun sudah dipersiapkan sejak dini dan secara intensif untuk menghadapi pelaksanaannya.

"Try out mulai intensif dilakukan, karena buat kami ini sifatnya untuk menggembleng kemampuan mereka, bahkan kepala sekolah terjun langsung untuk meninjau persiapan mereka sampai ke kelas-kelas," ujar Titi.

Titi menambahkan, setiap hari seusai jam pelajaran siswa dibekali dengan pendalaman materi selama dua jam setengah. Hari Sabtu, yang biasanya dijadikan waktu siswa menjalani kegiatan ekstrakulikuler, kini sudah langsung dijatahkan hanya khusus untuk bimbingan belajar siswa.

"Dari tahun ke tahun memang selalu begitu, tetapi anak-anak yang sekarang ini tampaknya lebih serius belajarnya. Say berharap tahun ini lebih baik lagi," ujar Titi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com