Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bahasa Indonesia Makin Kuat, Bahasa Daerah Gonjang-Ganjing

Kompas.com - 17/12/2009, 16:04 WIB

ENDE, KOMPAS.com - Seiring dengan arus perkembangan dan perubahan zaman, sebanyak 240 bahasa dari sekitar 650 bahasa daerah di Indonesia kini berada di ambang kepunahan. Kondisi itu serupa dalam konteks bahasa di dunia.

Laju kepunahan bahasa di dunia mencapai 40 persen. Saat ini, dari sekitar 6.000 bahasa terdapat kurang lebih 2.400 bahasa di dunia yang terancam punah.

Yang patut diwaspadai, keberadaan 240 bahasa daerah di ambang kepunahan itu salah satunya diperkirakan akibat penggunaan bahasa Indonesia di tengah masyarakat yang makin kuat, sehingga menekan bahasa daerah.

Laju kepunahan ini harus segera ditanggulangi, sebab jika suatu bahasa punah, maka akan hilang pengetahuan kita tentang suatu peradaban. Matinya bahasa berarti kita kehilangan kebudayaan dan karya seni.

"Matinya bahasa juga berarti terhapusnya ensiklopedia tentang pengetahuan manusia yang telah dihimpun dan ditempa dalam perjalanan sejarahnya," kata Profesor Stephanus Djawanai, Guru Besar Bidang Linguistik dari Universitas Gadjah Mada (UGM).

Stephanus menyampaikan hal itu ketika memberikan orasi ilmiah, Selasa (15/12), di acara wisuda sarjana dan diploma Universitas Flores (Uniflor) periode Desember 2009 angkatan ke-23, di Kabupaten Ende, Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Dari 500 guru besar di lingkungan UGM, Stephanus Djawanai merupakan guru besar ke-4 yang berasal dari NTT. Tiga guru besar asal NTT yang lain adalah Prof Herman Johannes, Prof Charles Rengga Tebu, dan Profesor Yeremias Keban.

Menurut Stephanus, arus kepunahan antara lain karena tidak ada lagi penutur yang mendukung bahasa itu akibat semua penutur sudah meninggal dunia, atau karena pendukung bahasa yang ada kehilangan minat terhadap bahasanya sendiri karena dipandang kurang bergengsi atau karena bahasa itu terdesak oleh bahasa yang lebih kuat.

Selain itu, terkikisnya bahasa daerah juga dimungkinkan karena perkembangan yang kuat Bahasa Indonesia ke dalam bahasa pergaulan (bahasa daerah). Bahasa Indonesia merupakan bahasa resmi negara atau bahasa nasional yang seharusnya digunakan dalam tataran formal, seperti di lingkungan kenegaraan, pemerintahan, lembaga pendidikan, maupun perkantoran.

"Tapi sekarang Bahasa Indonesia juga berkembang ke bahasa pergaulan di masyarakat. Mungkin karena dianggap Bahasa Indonesia lebih menarik atau lebih bergengsi," ujarnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com