Dephub Beri Sertifikasi Sekolah Pilot Malaysia - Kompas.com

Dephub Beri Sertifikasi Sekolah Pilot Malaysia

Kompas.com - 21/12/2009, 16:06 WIB

KOTA BHARU, KOMPAS.com - Departemen Perhubungan Indonesia melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Udara memberikan satu lagi lisensi bagi sekolah pilot di Malaysia. Kali ini sertifikat diberikan kepada Asia Pacific Flight Training (APFT) yang berada di Kota Bharu, Kelantan Malaysia. Lisensi diberikan langsung oleh Direktur Jenderal Perhubungan Udara Indonesia Hari bhakti kepada General Manager sekaligus pemilik APFT, Dato’ Mohd Khalid Ali, Kamis (17/12/2009).

Hari Bhakti menyatakan lisensi ini diberikan setelah pihaknya melakukan evaluasi terhadap sekolah tersebut. “Kita melakukan evaluasi berdasarkan CASR 141 dan 61,” ujarnya.

Beberapa poin yang dievaluasi di antaranya dari sisi fasilitas, prosedur, manajemen, instruktur dan sistimnya. Untuk mendapatkan approve school ini, sebuah sekolah dari luar negeri harus mengajukan izin kepada Departemen Perhubungan. Biasanya permintaan itu berdasarkan jenis pendidikan dan adanya siswa dari Indonesia. Sekolah yang telah mendapatkan lisensi ini akan terus dipantau dan di validasi tiap tahun.

Menurut salah satu inspektur dari DKUPPU Departemen Perhubungan, Bayu Chandra, dengan adanya lisensi tersebut, siswa dari Indonesia yang sekolah di sekolah tersebut langsung bisa mendapatkan lisensi dari Indonesia. “Evaluasi akhir akan langsung kita lakukan di sekolah tersebut," ujarnya.

Selain APFT, satu sekolah pilot di Ipoh, Malaysia dan di Cebu, Filipina juga telah mendapatkan lisensi atau approve school dari Dephub. (Gatot R/Angkasa)

Editormade


Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM