Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden: Pengangguran dan Kemiskinan Turun

Kompas.com - 04/01/2010, 11:49 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyatakan telah berhasil menurunkan angka pengangguran menjadi 8 persen pada tahun 2009 dibandingkan tahun sebelumnya yang mencapai 10 persen. Demikian juga dengan angka kemiskinan yang turun dari 16,7 persen tahun 2008 lalu, menjadi 14,2 persen di tahun 2009.

"Di tengah krisis, tentu ini bukan angka yang buruk. Dan harus kita turunkan lagi," tutur Presiden saat memberi sambutan seusai membuka perdagangan perdana Bursa Efek Indonesia (BEI), di gedung BEI, Jakarta, Senin (4/1/2010).

Di samping itu, pertumbuhan ekonomi Indonesia juga mencapai angka enam persen dengan Produk Domestik Bruto (GDP) menjadi 30 persen. "Ini lebih baik dari negara-negara lain," cetusnya.

Cadangan devisa mencapai 65 miliar dollar AS. Ditargetkan, cadangan devisa bisa mencapai 100 miliar dollar AS dalam waktu dekat.

Sementara itu, Presiden mengatakan perdagangan perdana bursa tahun ini dibuka dengan kondisi ekonomi yang lebih tenang dibadingkan tahun lalu. Para pelaku pasar juga lebih optimistis dan mempunyai harapan bahwa kinerja bursa akan membaik tahun ini.

Stabilnya kondisi ekonomi ini, menurutnya, dipicu oleh kebijakan yang cepat dan tepat yang diambil oleh pemerintah saat krisis ekonomi global. "Saat ini, kondisi politik juga relatif stabil, kohesi sosial relatif baik, keamanan terjaga jauh lebih baik, hukum makin tegak, kampanye anti korupsi mulai membuahkan hasil, pemerintahan desentralisasi mulai lebih tertata, dan kerjasama luar negeri semakin konkrit," terang Kepala Negara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com