UPH Angkat Banten ke Pentas Dunia - Kompas.com

UPH Angkat Banten ke Pentas Dunia

Kompas.com - 15/01/2010, 21:11 WIB

TANGERANG, KOMPAS.com – Sebanyak 25 anggota Komisi 5 DPRD Banten mengunjungi kampus Universitas Pelita Harapan (UPH) di Lippo Village, Jumat (15/1). Rombongan disambut Rektor UPH, Jonathan L. Parapak dan beberapa pimpinan fakultas.

Kunjungan ini merupakan bagian dari program kerja Komisi V DPRD Banten terkait dengan keberadaan UPH sebagai salah satu perguruan tinggi swasta di daerah tersebut. Dalam sambutannya, Rahmad Abdul Ghani, Wakil Ketua Komisi 5 menyampaikan harapan-harapan mengenai penyelenggaraan pendidikan tinggi terkait peluang, tantangan, dan oportunitas institusi pendidikan terhadap pembangunan daerah setempat. 

Usai mengunjungi fasilitas perpustakaan di UPH, digelar tatap muka yang membahas beberapa topik. Di antaranya soal kesempatan pendidikan untuk masyarakat lokal yang berprestasi, riset pengembangan pariwisata lokal, peningkatan kompetisi penduduk lokal dan pengabdian masyarakat di desa-desa yang membutuhkan.

Dalam penjelasannya, Rektor UPH menyampaikan kegiatan pendidikan yang berlangsung di UPH, prestasi yang dicapai serta kontribusi yang telah dilakukan untuk masyarakat dan pemerintah daerah Banten. ”Tugas UPH sebagai kampus global adalah mengangkat Banten ke pentas dunia. Terbukti, mahasiswa kami sudah meraih beberapa penghargaan di kontes international. Ini bentuk centre of excellence in education, baik di bidang medis, bisnis, dan pendidikan, “ kata Parapak.

 Terkait pengabdian masyarakat, UPH telah mengadakan program desa binaan di Desa Teluknaga untuk mengembangkan potensi penduduk daerah. Sekolah Tinggi Pariwisata Pelita Harapan (STPPH) menjelaskan kegiatan survei yang telah dilakukan ke beberapa tempat wisata di Banten, termasuk di Ujung Kulon yang merupakan pusat tujuan wisata di Provinsi Banten yang hasilnya disampaikan sebagai masukan kepada pemerintah setempat.

UPH juga memberikan kesempatan kepada masyarakat dari berbagai daerah termasuk Banten untuk mendapatkan beasiswa, baik untuk siswa berprestasi akademik, prestasi di bidang seni dan olahraga serta siswa yang kurang mampu secara ekonomi. Saat ini sekitar 20 persen dari mahasiswa UPH menerima beasiswa dalam berbagai bentuk.

Editorksp
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM