Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jumlah Dosen di PTS Jadi Kendala Sertifikasi

Kompas.com - 18/01/2010, 20:47 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah VI Jawa Tengah menilai, jumlah dosen perguruan tinggi swasta (PTS) yang terbatas menjadi hambatan proses sertifikasi dosen PTS.
    
"Jumlah dosen PTS saat ini memang terbatas, sehingga mereka tidak dapat melakukan mobilitas secara luas, seperti melanjutkan kuliah ke luar negeri," kata Koordinator Kopertis Wilayah VI Jateng, Prof Mustafid di Semarang, Senin (18/1/2010).
    
Menurut dia, apabila dosen PTS melanjutkan pendidikan, baik ke luar negeri atau dalam negeri yang berjarak cukup jauh, tentunya mereka harus meninggalkan tugasnya mengajar untuk sementara, padahal jumlah dosen terbatas. "Hal itu menyebabkan tenaga pengajar di PTS akan semakin berkurang dan memengaruhi penyelenggaraan proses pembelajaran, karena itu banyak dosen PTS yang kesulitan melanjutkan pendidikan," katanya.
    
Padahal, kata dia, proses sertifikasi dilakukan untuk dosen yang telah menempuh pendidikan minimal S-2, sementara saat ini banyak dosen PTS yang masih berpendidikan S-1. "Keterbatasan dosen di PTS itu diakibatkan pengelolaan PTS yang dilakukan dengan anggaran terbatas, sehingga mereka harus mengelola manajemen sebaik-baiknya dengan dana terbatas," katanya.
    
Mustafid mengatakan, pemerintah sebenarnya telah menawarkan beasiswa melanjutkan studi bagi dosen PTS yang disalurkan melalui Kopertis, namun kendala keterbatasan tenaga dosen tersebut tentunya menjadi hambatan. "Kami akan menyalurkan dana sebesar Rp29,2 miliar untuk beasiswa bagi 65 dosen untuk melanjutkan studi ke luar negeri pada tahun ini, sementara beasiswa di dalam negeri tahun ini akan diberikan kepada 33 dosen," katanya.
    
Ia menyebutkan, dosen PTS se-Jateng saat ini berjumlah sekitar 9.500 orang, sedangkan dosen yang sudah tersertifikasi baru mencapai sekitar 1.000 orang, dalam proses sertifikasi dosen yang berjalan sejak 2008 lalu.
    
Selain kendala jumlah dosen PTS yang terbatas, ia mengatakan, kendala lain yang dihadapi dalam proses sertifikasi adalah keterbatasan kuota sertifikasi. "Kuota sertifikasi dosen setiap tahun hanya sekitar 450 orang," kata Mustafid.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com