Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Minyak Mentah Indonesia Melonjak

Kompas.com - 01/02/2010, 17:38 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Tim Harga Minyak Indonesia menyatakan, harga rata-rata minyak mentah Indonesia selama Januari 2010 berdasarkan perhitungan Formula Indonesian Crude Price (ICP) mencapai 77,33 dollar AS per barel. Ini berarti ada kenaikan 1,75 dollar AS per barel dibandingkan Desember tahun lalu yang sebesar 75,58 dollar AS.

Demikian paparan dari Tim Harga Minyak Indonesia dalam siaran pers Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Senin (1/2/2010), di Jakarta.

Peningkatan harga minyak mentah Indonesia itu dinilai sejalan dengan peningkatan harga minyak mentah utama di pasar internasional. Peningkatan ini disebabkan sejumlah faktor, antara lain cuaca dingin pada awal Januari di sejumlah wilayah di belahan bumi bagian utara seperti Eropa, wilayah utara China dan Amerika Serikat yang dilanda musim dingin dan mengakibatkan peningkatan konsumsi produk minyak terutama heating oil.

Selain itu evaluasi sejumlah lembaga analis pasar minyak memperkirakan terjadi peningkatan permintaan minyak dunia untuk tahun 2010, dengan motor penggerak yaitu negara-negara Non OECD (Organisation for Economic Co-Operation And Development) terutama China dan India.

Evaluasi itu antara lain dilakukan Badan Energi Internasional (IEA) yang memperkirakan, pertumbuhan permintaan minyak mentah global untuk tahun 2010 meningkat 1,7 persen atau 1,4 juta barel per hari, menjadi 86,3 juta barel per hari dibandingkan permintaan tahun 2009.

OPEC dalam laporan bulanannya memperkirakan permintaan minyak dunia tahun 2010 mengalami peningkatan 0,8 juta barel per hari menjadi 85,1 juta barel per hari dan Energy Information Administration (EIA ) memperkirakan permintaan minyak global tahun 2010 meningkat 1,1 juta barel per hari menjadi 85,18 juta barel per hari.

Peningkatan harga minyak dunia juga disebabkan laporan EIA bahwa terjadi penurunan stok minyak mentah komersial AS Januari 2010 sebesar 17,5 juta barel dibandingkan pada periode sama tahun 2009 dan masalah geopolitik antara Rusia dan Belarusia terkait tarif ekspor minyak untuk tahun 2010, sehingga berpotensi menghambat suplai minyak yang melalui jalur pipa Druzba menuju Uni Eropa.

Untuk kawasan Asia Pasifik, peningkatan harga minyak mentah juga disebabkan terjadinya peningkatan impor minyak mentah China pada bulan Desember 2009 (dibanding bulan yang sama pada tahun 2008) menjadi 5,03 juta barel per hari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com