Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
PENDIDIKAN

12 PTN Adakan UMB Serentak

Kompas.com - 17/02/2010, 03:42 WIB

Medan, Kompas - Penyelenggaraan ujian masuk bersama perguruan tinggi negeri tahun 2010 akan diselenggarakan secara serentak oleh 12 perguruan tinggi negeri di Indonesia.

”Jumlah PTN penyelenggara UMB tahun 2010 ini meningkat bila dibandingkan dengan penyelenggaraan UMB tahun sebelumnya yang hanya diikuti oleh tujuh PTN,” kata Ketua Panitia Lokal Ujian Masuk Bersama (UMB) Universitas Sumatera Utara Prof Sumono di Medan, Sumatera Utara, Selasa (16/2).

Perguruan tinggi negeri (PTN) penyelenggara UMB tahun 2010 tersebut adalah Universitas Syiah Kuala (Unsyiah), Universitas Malikussaleh (Unimal), Universitas Sumatera Utara (USU), Universitas Andalas (Unand), dan Universitas Negeri Padang (UNP).

Kemudian, Universitas Jambi (Unja), Universitas Indonesia (UI), Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Universitas Islam Negeri Jakarta, Universitas Islam Negeri Makassar, Universitas Palangkaraya, dan Universitas Negeri Semarang.

Ia mengatakan, pelaksanaan ujian tulis untuk jalur UMB-PTN tersebut berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Kalau tahun sebelumnya dilaksanakan selama dua hari, tahun ini hanya satu hari.

Perampingan waktu ujian UMB-PTN yang menjadi hanya satu hari tersebut dinilai akan sangat efisien bagi para peserta, khususnya yang berasal dari luar daerah. Mereka tidak perlu berlama-lama lagi untuk tinggal di Medan dalam mempersiapkan ujiannya sehingga dapat menghemat biaya akomodasi dan lainnya.

Ia mengatakan, tahapan UMB-PTN 2010 berlaku serentak dan bersamaan untuk 12 perguruan tinggi peserta di seluruh Indonesia. (MAR/ANTARA)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com