Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bidan Dituntut Uji Kompetensi

Kompas.com - 17/02/2010, 13:19 WIB

BOGOR, KOMPAS.com - Ikatan Bidan Indonesia (IBI) cabang Jawa Barat akan melakukan uji kompetensi bagi anggotanya untuk lebih meningkatkan kualitas para bidan dalam menolong persalinan Ibu yang melahirkan.

"Ini menjadi tuntutan profesi bidan sehingga akan lebih meningkatkan kualitas bidan dalam menolong persalinan," kata Ketua Majelis Etika Profesi Kebidanan IBI Cabang Jawa Barat Dr. Hj Suryani Soepardan kepada wartawan usai pembukaan Musyawarah IBI Cabang Kota Bogor ke-14 di Gedung Balaikota Bogor, Rabu (17/2/2010).

Selain itu, lanjut Suryani, ke depannya minimal profesi bidan harus berpendidikan D-3. Dari 10 ribu lebih bidan yang ada di Jawa Barat, saat ini baru 40 persen yang berpendidikan D-3. Khusus di Kota Bogor, 50 persen bidan sudah berpendidikan D-3.

"Sejauh ini kebutuhan bidan di Jawa Barat masih mencukupi," katanya.

Suryani juga menegaskan, program pendidikan kebidanan mendapat perhatian serius dari Provinsi Jabar. Sejak 2009, Provinsi Jabar telah menyekolahkan seribu bidan yang bertujuan untuk mereduksi jumlah kematian ibu dan bayi.

Muscab IBI Kota Bogor saat ini masih berlangsung. Muscab akan menentukan kepengurusan IBI Kota Bogor periode tiga tahun mendatang. Wakil wali Kota Bogor Achmat Ruyat, dalam sambutan pembukaan muscab tersebut, mengatakan, rasa terima kasihnya kepada para bidan yang telah membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Saya harap bidan ke depannya makin profesional dan berdedikasi, sehingga eksistensinya makin terlihat nyata," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com