Jumat, 21 November 2014

News / Edukasi

Lomba Pidato Bahasa Jepang, Hadiahnya ke Jepang

Sabtu, 27 Februari 2010 | 11:57 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - The Japan Foundation Jakarta akan menggelar "Lomba Pidato Bahasa Jepang bagi Siswa SLTA Tingkat Nasional Tahun 2010". Kegiatan ini diselenggarakan bekerjasama dengan Direktorat Pembinaan SMA, Ditjen Manajemen Dikdasmen, Kementerian Pendidikan Nasional.

Menurut Diana dari The Japan Foundation, lomba tersebut digelar untuk yang kesembilan kalinya. Kegiatan dilaksanakan pada Sabtu (6/3/2010), sejak pukul 10.00 - 13.00 di Auditorium RRI Jakarta.

Lomba akan diikuti oleh 13 siswa pemenang lomba pidato tingkat daerah dari 8 wilayah MGMP Bahasa Jepang, yakni Sumatera Barat, Sumatera Utara, Jawa Barat, Jabodetabek, Jawa Tengah & D.I. Yogyakarta, Jawa Timur, Bali dan Sulawesi Utara. Judul-judul pidato yang akan dibawakan para siswa tersebut antara lain Salju Mencair, Haruskah Belajar Bahasa Asing dengan Orang Asing?, Pikiran yang Positif, Cintailah Budaya Negeri Sendiri, Saya dan Anime, Cinta adalah hal yang penting, Alam dan Aku, serta Pariwisata dan Dampaknya. 

"Sebagai selingan akan ditampilkan acara nyanyi dan tari kolaborasi Sanshin atau alat musik petik khas Okinawa dengan alat musik perkusi, vocal group lagu-lagu Jepang dan Indonesia oleh siswa-siswi SMA di Jabodetabek, serta Tarian Bon Odori oleh Siswa dari 10 SMA Jakarta," ujar Diana.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, kata Diana, selain mendapatkan hadiah dan sertifikat, pemenang lomba pidato tingkat nasional itu akan dicalonkan sebagai peserta Program Kunjungan ke Jepang melalui 2 program, yaitu "Japanese-Language Program for High School Students" dari The Japan Foundation Japanese Language Institute dan "Japanese Speech Awards (JSA)". 


Editor : latief