Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belum Harmonis, Hubungan Sekolah dan Lembaga Pendidikan Guru

Kompas.com - 04/03/2010, 15:32 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Sampai sejauh ini belum terjadi hubungan yang harmonis dan menjadi sinergi yang nyata antara Lembaga Pendidikan Tenaga Guru (LPTK) dan sekolah-sekolah. Keduanya masih berjalan sendiri-sendiri, padahal sekolah merupakan tempat yang paling baik untuk membina calon guru yang dididik di LPTK.

Demikian dikatakan Ketua Sampoerna School of Education (SSE) Paulina Pannen dalam sambutan penandatanganan Nota Kesepahaman Program Pengalaman Mengajar (Professional Experience Sequence) di Sekolah-sekolah antara SSE dan Dinas Pendidikan DKI Jakarta di Kampus SSE, Kamis (4/3/2010).

"Di tempat lain praktik di sekolah itu di nomor sekian, di sini para mahasiswa calon guru justru sudah harus praktik langsung sejak semester pertama. Kami memang ingin membiasakan calon guru dapat bereksplorasi bersama para guru sekolah untuk memecahkan masalah atau mencari ide-ide baru," ujar Paulina.

Menurutnya, seorang mahasiswa calon guru sudah harus bisa mempraktikkan proses-proses mengenal sekolah sejak awal kuliahnya. Mahasiswa harus berada di sekolah meski sekadar untuk membantu guru merekap nilai atau ditanya ini-itu oleh murid-murid. Sebab, lanjut Paulina, di situlah seorang calon guru mulai dapat mengenal dinamika di dalam kelas, baik itu sekolah umum maupun madrasah, baik sekolah negeri maupun swasta, bahkan di sekolah internasional.

"Satu sekolah maksimum hanya 10 mahasiswa, sementara kami punya 89 mahasiswa. Saat ini baru 8 sekolah di DKI yang telah bermitra, baik untuk tingkat SD sampai SMA," tambah Paulina.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com