Selasa, 2 September 2014

News /

Beasiswa

UNS Buka Bidik Misi, Beasiswa untuk Calon Mahasiswa

Kamis, 25 Maret 2010 | 13:10 WIB

Solo, Kompas - Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo membuka kembali kesempatan pendaftaran beasiswa Bidik Misi untuk calon mahasiswa yang berlatar belakang dari keluarga miskin. UNS memperoleh kuota 400 mahasiswa yang akan mendapat beasiswa dari Kementerian Pendidikan Nasional untuk penerimaan tahun akademik 2010. Akan tetapi, hingga kini baru 59 orang yang memenuhi syarat.

Mereka yang dapat mendaftar adalah 11.200 pelajar yang pernah mendaftar mengikuti penelusuran minat dan kemampuan (PMDK). Menurut Pembantu Rektor I UNS Solo Ravik Karsidi, ada 12.400 pendaftar PMDK tetapi hanya 1.200 orang yang diterima sesuai kuota yang ditetapkan UNS.

"Kami mengirim undangan kembali kepada sekolah-sekolah untuk mendaftarkan siswanya yang dulu pernah mengikuti seleksi PMDK untuk ikut program Bidik Misi. Kali ini dalam rangka untuk penyerapan beasiswa. Sayang jika beasiswa ini sia-sia tidak dimanfaatkan," kata Ravik yang juga Ketua Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) UNS, Senin (22/3).

Menurut Ravik, sedianya jatah beasiswa Bidik Misi juga akan diberikan kepada mahasiswa baru yang diterima melalui Seleksi Nasional Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri. Akan tetapi, karena pengumuman penerima oleh Kemendiknas ditetapkan maju dari waktu semula, UNS memutuskan mengalokasikan beasiswa kepada peserta PMDK saja agar penyerapannya maksimal. Pendaftaran SNMPTN baru dilakukan bulan Mei. Diakuinya, demi memaksimalkan penyerapan beasiswa, pihaknya memperbesar kuota penerimaan mahasiswa lewat jalur PMDK dan mengurangi kuota lewat SNMPTN. "Dari segi kualitas sama saja, mereka sama-sama anak pintar tetapi yang mendapat beasiswa dari keluarga miskin," kata Ravik.

Pada seleksi lalu, hanya 487 pendaftar beasiswa dengan 59 di antaranya lolos seleksi. Ravik berharap, calon mahasiswa pendaftar beasiswa ini lebih jeli dalam memilih program studi agar lulus dan menerima beasiswa yang besarnya Rp 5 juta/semester.

Deputi I Seleksi SPMB PMDK UNS Noorhadi Thohir mengatakan, kriteria miskin yang ditetapkan adalah calon mahasiswa dengan penghasilan orangtua di bawah Rp 500.000, Rp 500.000-Rp 1 juta, dan Rp 1,5 juta-Rp 2,5 juta per bulan. Dari 12.400 peserta PMDK, lebih dari 1.000 peserta memenuhi kriteria miskin dengan penghasilan orangtua di bawah Rp 1,5 juta. Pendaftaran beasiswa dibuka hingga 23 April 2010. (eki)


Editor :