Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wah, Fasilkom UI Tawarkan Beasiswa S-2 dan S-3!

Kompas.com - 31/03/2010, 15:02 WIB

KOMPAS.com - Untuk meningkatkan kapasitas penelitian-penelitiannya, Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (Fasilkom UI) menawarkan kesempatan beasiswa mengikuti program studi pascasarjana jenjang S-2 (Magister Ilmu Komputer) dan S-3 (Doktor Ilmu Komputer) sebagai Research Assistant (asisten peneliti) tahun ajaran 2010/2011 ini.

Selain harus mengikuti prosedur sebagai mahasiswa S-2 (MIK) atau S-3 (DIK) sesuai aturan pada Seleksi Masuk UI atau SIMAK UI, calon penerima beasiswa juga beasiswa harus memiliki gelar Sarjana (untuk program S2 MIK) atau Magister (untuk program S3 DIK) dari institusi akademik berreputasi unggul di bidang ilmu komputer, informatika, elektro, matematika, atau ilmu komputasional lainnya dengan IPK minimal 3.00.

Skema beasiswa ini antara lain memberikan pembebasan biaya DP (semester 1: untuk MIK sebesar Rp 6 juta, untuk DIK sebesar Rp 10 juta) dan BOP (tiap semester: untuk MIK sebesar Rp 8.5 juta, untuk DIK sebesar Rp 12.5 juta).

Penerima beasiswa juga akan mendapatkan tunjangan hidup bulanan hingga sebesar Rp 1,5 juta per bulan (S-2) atau Rp 2 juta per bulan (S-3). Untuk mahasiswa MIK, dukungan tersebut diberikan selama 3 (tiga) semester, sedangkan untuk mahasiswa DIK diberikan selama 6 (enam) semester.

Selain menempuh studi pascasarjana, penerima beasiswa juga akan dikontrak untuk bekerja sebagai research assistant dengan beban kerja paruh waktu. Penerima beasiswa harus mendukung kegiatan penelitian di salah satu dari 8 lab riset di Fasilkom UI, yaitu Computational Intelligence, Pattern Recognition & Image Processing, Computer Networks, Architecture & High Performance Computing, Digital Libraries & Distance Learning, E-Government, Enterprise Computing, Formal Methods in Software Engineering, IT Governance, serta Information Retrieval.

Untuk mendaftar, calon pelamar harus mengisi dan mengembalikan formulir pendaftaran beasiswa beserta kelengkapannya melalui email mardiah.umar@gmail.com. Pendaftaran paling lambat hingga Jumat, 30 April 2010 mendatang.

Bersamaan dengan itu, calon pelamar tetap harus mengikuti prosedur penerimaan mahasiswa UI melalui situs http://penerimaan. ui.ac.id. Untuk program MIK dan DIK, peserta program beasiswa ini dapat mengikuti gelombang kedua yang akan dibuka sekitar bulan Juni 2010. Informasi lebih lanjut bisa menghubungi Dr. Wisnu Jatmiko (wisnuj@cs.ui. ac.id) atau Dr. Ruli Manurung (maruli@cs.ui. ac.id).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com