Sabtu, 25 Oktober 2014

News / Edukasi

Guru Swasta Tuntut Kesetaraan Jadi PNS

Rabu, 7 April 2010 | 17:34 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com- Guru-guru swasta dari berbagai wilayah di Indonesia hingga Rabu (7/4/2010) sore ini, masih bertahan di kantor Kementrian Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi di Jakarta.

Para guru swasta yang tergabung dalam Presidium Guru Swasta Indonesia itu menuntut kesetaraan dalam pengangkatan sebagai guru pegawai negeri sipil. "Dalam rencana pengangkatan tenaga honorer jadi PNS tahun ini, guru swasta belum diakomodir. Para guru memperjuangkan supaya kesempatan guru honorer swasta untuk jadi guru PNS sama dengan kesempatan yang diberikan pada guru honorer di sekolah negeri," kata Sumarno, Sekretaris Persatuan Guru Swasta Provinsi Banten.

Kesempatan guru atau tenaga honorer swasta menjadi calon pegawai negeri sipil lewat seleksi khusus dinilai dipersulit. Pasalnya, pemerintah hanya bersedia mengangkat guru honorer di sekolah negeri atau swasta menjadi guru PNS jika selama ini mereka digaji lewat APBN/APBD.

Perwakilan guru ditemuai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi EE Mangindaan. Tetapi pertemuan masih alot. Sumarno mengatakan, para guru swasta akan terus bertahan jika pemerintah tidak bersedia emmbuat pernyataan trttulis di atas materai soal kesediaan emngakomodir guru swasta.

"Pengabdian guru swasta sama dengan guru PNS. Tetapi kenapa peluang untuk diangkat bagi guru PNS dipersulit. Itu tidak adil," kata Sumarno.


Editor : msh