Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dicari, 200.000 Pekerja Industri Kreatif

Kompas.com - 14/04/2010, 15:34 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Pesatnya perkembangan industri kreatif disikapi oleh masyarakat Indonesia begitu cepat dengan membentuk berbagai kegiatan dan bisnis di dalam industi ini. Dengan begitu, produksi kreatif di dalam negeri pun semakin diminati oleh masyarakat Indonesia.

Terbukti, industri kreatif mampu memberikan kontribusinya terhadap PDB Indonesia senilai Rp 104,6 triliun. Bahkan, menurut data Admob Mobile Metrics pada Februari 2010, Indonesia menempati urutan keempat setelah AS, India, dan Inggris, berdasarkan permintaan advertising melalui mobile advertising dengan total permintaan sebesar 520.476.525 dan share 3,7 persen dibandingkan negara lain di seluruh dunia.

"Fenomena ini menunjukkan betapa tingginya kebutuhan sumber daya manusia untuk terus meningkatkan industri kreatif kita melalui institusi pendidikan. Selama ini, porsi terbesar pekerja industri kreatif kita masih dari jalur portofolio, bukan akademis," ujar Deputy Director International Design School (IDS) Surya Sang dalam jumpa pers dan diskusi IDS Creative Festival 2010 di kampus IDS, Kuningan, Jakarta, Rabu (14/4/2010).

Saat ini, kata Surya, jumlah perusahaan di sektor kreatif mencapai sekitar 2 juta perusahaan. "Maka dari itu, dengan melebarkan antisipasi pertumbuhan ekonomi Indonesia ke depan, sedikitnya kita membutuhkan 200.000 creative entrepreneuers dan creative leaders untuk memimpin perusahaan-perusahaan berbasis kreatif di negara kita sendiri," ujar Surya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com