Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siswa Dilarang Konvoi dan Corat Coret

Kompas.com - 25/04/2010, 15:41 WIB

PEKANBARU, KOMPAS.com - Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru Yuzamri Yakub mengimbau para siswa untuk tidak melakukan konvoi dan coret baju seragam sekolah usai pengumuman Ujian Nasional tingkat SMA yang berlangsung Senin mulai pukul 14.00 WIB.

"Dinas Pendidikan sudah melayangkan surat edaran ke sekolah-sekolah agar siswa-siswa tidak melakukan aksi coret dan konvoi, yang membuat resah masyarakat dan pengguna jalan," ungkapnya, Minggu (25/4/2010).

Meski demikian, tidak ada sanksi tegas yang akan diberikan kepada siswa tersebut. Menurutnya, sekolah juga tidak bisa mengontrol siswanya jika sudah berada di jalan.

Di tempat terpisah, Wakil Ketua Komisi III DPRD Kota Pekanbaru, Ade Hartati Rahmad mengatakan, sebaiknya para siswa tidak terbawa pada tradisi coret baju seragam.

Menurutnya, selama ini coret baju dan konvoi merupakan tradisi untuk meluapkan ekspresi dari kelulusan tersebut.

"Sebaiknya kelulusan diekspresikan dengan kegiatan yang lebih menyejukkan, seperti melakukan aksi sosial dengan menyumbangkan baju yang tidak terpakai lagi kepada yang membutuhkan. Daripada coret baju dan konvoi yang mengganggu ketertiban umum," ungkapnya.

Kepala SMAN 6 Pekanbaru, Wan Marjohan, mengatakan pihaknya akan mengimbau siswa untuk tidak melakukan aksi coret dan konvoi pada saat pengumuman kelulusan.

"Selain itu sekolah juga meminta bantuan pihak kepolisian untuk membantu mengamankan jalannya pengumuman kelulusan," ungkap dia.

UN di Pekanbaru diikuti 26.472 peserta baik dari sekolah negeri maupun sekolah swasta, terdiri dari tingkat SMA sebanyak 6592 peserta, SMK 5385 peserta, dan MAN sebanyak 834 peserta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com