Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SNMPTN Dibuka Dua Gelombang

Kompas.com - 29/04/2010, 20:43 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Pendaftaran seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri dibuka dalam dua gelombang. Dengan demikian, ada kesempatan buat siswa SMA/MA/SMK yang ikut ujian nasional ulangan untuk bisa mendaftar dalam seleksi masuk yang diikuti 57 perguruan tinggi negeri di Tanah Air tersebut.

Dari informasi yang diumumkan dalam situs web resmi seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) www.snmptn.ac.id,  pendaftaran secara online untuk gelombang pertama dimulai 2 Mei pukul 08.00 hingga 31 Mei pukul 16.00. Pendaftaran ini ditujukan untuk lulusan tahun 2008, 2009, dan UN utama tahun 2010.

Adapun bagi lulusan UN ulangan, pendaftaran secara online dimulai 10 Juni pukul 08.00 hingga 12 Juni pukul 16.00. Peserta yang hendak mengikuti SNMPTN harus membayar dulu uang pendaftaran lewat beragam fasilitas layanan Bank Mandiri yang tersedia.

Biaya formulir pendaftaran untuk kelompok IPA atau IPS Rp 150.000, peserta dapat memilih dua program studi. Untuk kelompok IPS biaya formulir senilai Rp 175.000 dengan tiga pilihan program studi.

Tes tertulis SNMPTN digelar 16 Juni, terdiri atas tes potensi akademik (TPA) dan tes bidang studi dasar (Matematika dasar, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris). Keesokan harinya tes bidang studi IPA dan bidang studi IPS. Adapun yang menjalani ujian dan tes keterampilan tanggal 18-19 Juni. Pengumuman di situs resmi SNMPTN pada 17 Juli mulai pukul 00.00.

Ketua Umum Panitia SNMPTN 2010 sekaligus Rektor Institut Pertanian Bogor, Herry Suhardiyanto, yang dihubungi hari Kamis (29/4/2010), belum bersedia memberikan penjelasan seputar pelaksanaan SNMPTN 2010. Secara umum, dari informasi yang tersedia di situs resminya, pelaksanaan SNMPTN seperti tahun lalu. Kecuali untuk pendaftaran, hanya bisa dilakukan secara online.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com