Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mantap, Tim Fisika Indonesia Juara 3!

Kompas.com - 30/04/2010, 17:55 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pelajar Indonesia yang tergabung dalam Tim Olimpiade Fisika Indonesia berhasil meraih posisi 3 dari 16 negara yang ambil bagian dalam kompetisi fisika tingkat Asia di Taipeh, Taiwan. Prestasi tim Indonesia dinilai mengagumkan, karena hanya tiga negara yang mampu meraih medali emas.

Dalam Olimpiade Asia (APhO) di Taipeh yang berakhir Jumat (30/4/2010), itu negara lain yang berhasil meraih medali emas adalah Taiwan(5emas) dan Thailand (2 emas). Adapun medali emas Indonesia diraih oleh Sudjatmiko.

Sebagai perbandingan, tahun lalu terdapat 21 peraih medali emas. Adapun tahun ini terdapat delapan medali emas. Team Leader Indonesia, Hendra Kwee, mengatakan prestasi Indonesia kali ini, selain satu emas juga mendapat dua medali perak, empat medali perunggu, dan empat honorable mention.

Tahun ini Indonesia mengirimkan dua tim. Tim A yang merupakan tim pertama berada di posisi tiga di bawah Taiwan dan Thailand. Tim B, sebagai tim kedua berhasil mengungguli Israel dan Singapura.

Prestasi Tim A Indonesia disumbang oleh David (SMAK BPK Serpong) dan Muhammad Sohibul (SMAN 3 Yogyakarta), yang masing-masing meraih perak. Sementara itu, Ahmad Rizqi dan Christian Emor (SMA Lokon) masing-masing meraih perunggu, sedangkan honorable mention diraih Podianko dan Ali (SMAK 1 Penabur Jakarta).

Di Tim B, prestasi Indonesia disumbang oleh Patricia Suriana dan Ryan Sentosa (SMAK 3 Penabur Jakarta) yang masing-masing meraih perunggu. Adapun Kevin Adrian dan Erwin Tanin (SMA Medan) meraih honorable mention.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com