Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Juara UN SMP Ini Putri Bakul Nasi Lawar

Kompas.com - 08/05/2010, 16:10 WIB

DENPASAR, KOMPAS.com Kesulitan ekonomi bukan alasan untuk tidak berprestasi. Semangat itu pula yang jadi pemacu perjuangan Ni Kadek Indra Puspayanti, siswi SMP Negeri 1 Abiansemal, Kabupaten Badung, Bali, yang menjadi lulusan terbaik dalam Ujian Nasional SMP 2010 ini.

Tinggal di sebuah desa terpencil, Banjar Tengah Blahkiuh, Abiansemal, Badung, kedua orangtua Kadek sehari-harinya hanyalah pedagang nasi lawar atau nasi campur khas Bali. Namun, hal itu tak menyurutkan semangat Kadek untuk belajar giat guna meraih hasil terbaik di UN SMP.

“Persiapan saya menghadapi ujian sudah sejak semester dua atau enam bulan lalu. Selain latihan soal ujian tahun lalu, guru-guru juga banyak yang membimbing,” ujar putri pasangan I Nyoman Sukerta dan Ni Putu Jagriani ini kepada Presiden SBY saat telewicara, Sabtu (8/5/2010) siang.

Usahanya tak sia-sia. Setelah mendengar hasil kelulusan UN SMP, Kadek dinobatkan sebagai siswa lulusan terbaik bersama Ni Made Yuli Lestari, siswa SMP Negeri 1 Gianyar, dengan nilai 39,80.

Anak kedua dari tiga bersaudara ini berencana meneruskan sekolah ke SMA Negeri 1 Kuta Utara. Saat ditanya cita-citanya, ia mengaku ingin jadi polisi, bukan presiden, dokter, atau profesor. “Mau jadi polisi, soalnya bisa memberantas kejahatan,” ujarnya polos.

Meski tidak mendapat penghargaan khusus atas prestasinya ini, Kadek mengaku cukup senang sudah bisa berbicara dengan Presiden SBY kendati hanya melalui telewicara menggunakan telepon.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com