Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

1.200 Guru Seminar Edutainment di Ancol

Kompas.com - 17/05/2010, 21:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 1.200 guru dari tingkat TK hingga SLTA di Jakarta mengikuti seminar edutainment di Hall Rama Shinta, Dunia Fantasi, Ancol Taman Impian, Senin (17/5/2010). Seminar yang mengusung tema “Edutainment sebagai implementasi ilmu pengetahuan siswa” ini dibuka resmi oleh Wakil Menteri Pendidikan Nasional, Fasli Djalal.

Kegiatan ini merupakan kerja sama antara Solidaritas Istri Kabinet Indonesia Bersatu (SIKIB), Departemen Pendidikan Nasional, Departemen Riset dan Teknologi Indonesia, Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), dan Universitas Indonesia (UI).

Seminar yang dilaksanakan dalam rangka Hari Pendidikan Nasional itu menghadirkan Prof Dr Arief Rachman dan Prof Pardamean Sebayang, sebagai pembicara.

Dalam kesempatan itu, Direktur Utama PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk, Budi Karya Sumadi mengatakan, manajemen kawasan wisata Ancol Taman Impian sendiri secara konsisten telah menjadikan konsep edutainment sebagai basis pengembangan berbagai wahana dan program hiburan yang digelar di Ancol Taman Impian. Tujuannya untuk memberikan nilai tambah lebih bagi pengunjung sehingga tidak hanya mendapat hiburan semata.

“Ini juga upaya kami untuk berkontribusi pada pengembangan sumber daya manusia,” kata Budi Karya.

Konsep edutainment adalah sebuah konsep yang memadukan ajang pendidikan (education) serta hiburan (entertainment). Edutainment juga bisa menjadi salah satu bentuk media pembelajaran yang dipenuhi nuansa menghibur dan menyenangkan dan mudah dicerna oleh penontonnya.

Media ini sangat relevan untuk dikembangkan di tengah gencarnya upaya pemerintah menyukseskan pemberlakuan kurikulum berbasis kompetensi. Sebagai media pendidikan yang bernuansa menghibur, edutainment tidak hanya berperan membantu tenaga pengajar tetapi juga membantu siswa atau mahasiswa merealisasikan proses belajar secara mandiri dengan baik.

Berdasarkan berbagai penelitian, untuk mencapai tujuan pembelajaran sangat diperlukan model dan media pembelajaran yang mampu mengoptimalkan kerja otak, baik otak kiri maupun otak kanan. Untuk itu, kegiatan  belajar mengajar perlu dilakukan dalam suasana belajar yang menyenangkan dan rileks.

Dengan kondisi tersebut  maka transfer of knowledge antara pengajar dan peserta didik dapat berlangsung dengan baik karena kerja otak akan optimal dalam menerima,  menyimpan dan mengolah informasi tersebut menjadi pengetahuan baru, teknologi dan ide-ide kreatif.

“Oleh karena itulah, program pengembangan Ancol ke depan adalah membangun wahana dan berbagai aktivitas yang dapat memberikan inspirasi kepada anak didik untuk lebih kreatif,” kata Budi Karya.

Dalam seminar itu Arief Rachman mengatakan  ada 10 ciri sekolah unggul. Yakni kepemimpinan yang profesional, keterlibatan semua warga sekolah untuk memahami dan melaksanakan visi dan misi sekolah. Suasana sekolah yang menyenangkan. "Kegiatan pembelajaran di sekolah yang sangat beragam. Guru mempunyai perencanaan pembelajaran. Semua program-program positif mendapat penguatan dari sekolah, orangtua, dan siswa," katanya.

Selain itu, sekolah melakukan monitoring dan evaluasi secara terprogram dan berdampak terhadap perbaikan sekolah. Hak dan kewajiban siswa dipahami dan dilaksanakan dengan baik di sekolah. Kemitraan antara sekolah dengan rumah tangga atau orangtua. Munculnya kreativitas dalam organisasi sekolah untuk pengembangan pendidikan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com