Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IPB Beri Beasiswa Atlet Berprestasi

Kompas.com - 21/05/2010, 21:13 WIB

BOGOR, Kompas.com - Rektor Institut Pertanian Bogor Prof Dr Ir Herry Suhardiyanto menyatakan, pihaknya memberikan beasiswa bagi atlet berprestasi tingkat nasional dengan masuk ke perguruan tinggi ilmu pertanian tropika terbesar di Asia Tenggara itu tanpa tes.

"Jadi, bagi atlet yang berprestasi nasional bisa diterima masuk Institut Pertanian Bogor (IPB) tanpa tes melalui jalur prestasi intenasional dan nasional (PIN)," katanya saat membuka kejuaraan tenis meja se-Indonesia 'Bogor City Seri 4 2010' di Gymnasium Kampus IPB Darmaga, Kabupaten Bogor, Jumat (21/5/10).

Atas penyampaian Rektor IPB itu, Marina Waroka dari Pengurus Besar Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia (PB PTMSI) langsung memberikan tanggapan positif.

Menurut dia, turnamen tersebut merupakan langkah awal yang baik bagi IPB dalam memotivasi atlet tenis meja Indonesia.

"Tentu saja, (kejuaraan) ini merupakan langkah awal yang baik dari IPB untuk menghasilkan atlet-atlet terbaik. Dengan adanya jalur PIN tersebut otomatis akan memotivasi para atlet Indonesia untuk terus berprestasi," katanya.

Sementara itu, pembina tenis meja IPB Dr Ir Irzaman mengharapkan bahwa melalui kejuaraan ini akan lahir atlet-atlet muda yang berprestasi pada tingkat nasional.

"Harapan seperti itu tentu keinginan kita semua agar dari kampus juga lahir petenis meja handal di masa depan," kata Irzaman, yang pada kejuraaan itu juga turun bertanding pada kategori eksekutif, bersama dua orang rekannya yakni Prof Dr Ir Khaswar Syamsu dan Sumarga.

Dalam kejuaraan itu, tercatat sebanyak 452 atlet dari berbagai perguruan tinggi dan umum mengikuti ajang yang akan berlangsung hingga Minggu (23/5).

Sejumlah perguruan tinggi yang mengirimkan atletnya di antaranya Unika Atma Jaya, Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Univeritas Ibnu Khaldun (Bogor), Univeritas Budi Luhur (DKI-Jakarta), Universitas Brawijaya (Malang, Jawa Timur), Universitas Kristen Indonesia (UKI) Jakarta, Universitas Padjajaran (Unpad) Bandung, Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, STIA BGS Tasikmalaya, ITNAS Bandung, Universitas PGRI, Univeritas Ahmad Yani (Unjani) Bandung dan lainnya, termasuk tuan rumah IPB.

Kejuaraan yang diselenggarakan atas kerja sama IPB dan Bogor City itu mempertandingkan lima kategori, yaitu kadet putra dan putri, mahasiswa putra dan putri, tunggal putra dan putri, non-PON, dan eksekutif.

Pada turnamen ini IPB menurunkan 19 atlet, yaitu 10 orang di kategori mahasiswa, empat orang kategori mahasiswi, tiga orang eksekutif dan dua orang non-PON.

Beberapa mantan pemain nasional ikut memeriahkan kejuaraan itu di antaranya adalah M Husein, Khoirudin, Reno Handoyo, David Jacob, Yon Mardiono, Dahlan Haruri, Zaenudin untuk putra. Sedangkan untuk putri di antaranya adalah Cristin F, Fauziah Yulianti, Ruri Raung, dan Novi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com