Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yogyakarta Tetap Pegang "Rekor"

Kompas.com - 01/06/2010, 09:23 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Dalam ujian nasional (UN) utama SMA/MA tahun 2010, siswa tidak lulus paling banyak untuk Jawa berasal dari Daerah Istimewa Yogyakarta, yakni 23,7 persen. Setelah dilakukan UN ulangan, siswa tak lulus terbanyak tetap dari DI Yogyakarta, yakni 21,47 persen.

Menteri Pendidikan Nasional Mohammad Nuh, Senin (31/5/2010) di Jakarta, mengatakan, UN ulang untuk tingkat SMA/MA diikuti 150.410 peserta di seluruh Tanah Air. Adapun siswa yang tidak lulus sebanyak 11.814 siswa atau 7,85 persen dari jumlah peserta.

Selain itu, ada 2.856 siswa yang juga tidak mengikuti UN ulangan dengan alasan atau tanpa alasan. Dengan demikian, secara keseluruhan, jumlah siswa SMA/MA yang tidak lulus UN ulangan sebanyak 14.670 siswa.

”Yang agak mencengangkan, ya, Daerah Istimewa Yogyakarta ini. Nanti kita tindak lanjuti, apa yang menjadi persoalannya? Apakah kualitas sekolahnya, kelengkapan sarana prasarana, atau faktor gurunya? Namun, sebagian besar siswa yang tidak lulus berasal dari sekolah swasta,” kata Mohammad Nuh.

Setelah diketahui akar persoalannya, lanjut Mendiknas, barulah ditetapkan kebijakan khusus untuk sekolah atau daerah yang masih saja memiliki siswa tidak lulus UN.

Selain DIY, Jawa Tengah, juga memiliki tingkat ketidaklulusan yang cukup tinggi, yakni 15,92 persen, kemudian Bengkulu 14,5 persen, DKI Jakarta 14,01 persen, dan dan Nusa Tenggara Timur sebanyak 10,78 persen.

”Tidak ada satu provinsi pun yang siswanya 100 persen lulus UN ulangan. Meskipun demikian, ada daerah-daerah yang menunjukkan perbaikan setelah UN utama, seperti Gorontalo dan Maluku Utara,” kata Nuh. (LUK)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com