Senin, 24 November 2014

News / Edukasi

Pendaftaran SD-SMA Negeri secara Online

Sabtu, 5 Juni 2010 | 15:58 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com Mulai tahun pelajaran 2010/2011, seluruh proses pendaftaran peserta didik baru (PPDB) dari tingkat SD hingga SMA/SMK Negeri di Jakarta dilakukan secara online. Para calon siswa bisa melihat langsung di situs penerimaan siswa di setiap sekolah. Khusus untuk tingkat SD, sistem online baru diterapkan tahun ini.

Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Taufik T'udi Mulyanto kepada wartawan di kantomya mengatakan, sistem ini sangat terbuka dan memudahkan masyarakat. Pendaftar tinggal datang ke sekolah terdekat dan tidak harus ke sekolah yang dituju/dipilih untuk mendaftar.

"Untuk SDN bisa memilih maksimal tiga sekolah, SMPN dan SMAN bisa memilih lima sekolah, dan SMKN maksimal bisa pilih tiga kompetensi keahlian, baik pada sekolah yang sama maupun sekolah berbeda," ujarnya.

Pendaftaran SDN reguler secara online dilakukan 14-16 Juni 2010. "Tanggal 16 Juni sore sudah bisa dilihat di website, daftar siswa yang diterima. Itu dilanjutkan lapor diri pada 17-19 Juni," kata Taufik. Jika daya tampung sekolah belum terpenuhi, maka pendaftaran tahap kedua akan dibuka untuk bangku yang masih kosong.

Pendaftaran SMPN reguler berlangsung 23-25 Juni dan SMAN/SMKN reguler 1-3 Juli. Semua jadwal PPDB dan daftar siswa yang diterima bisa dilihat di www.ppdbdki.org.

Gratis

Taufik menegaskan, tidak ada pungutan biaya apa pun selama masa PPDB tingkat SD sampai SMA. "Formulir pun gratis. Masalah biaya akan dibahas bersama komite sekolah setelah kegiatan belajar-mengajar berlangsung yang dimulai 12 Juli mendatang," katanya.

Bagi siswa asal luar DKI, jatah 5 persen dari total daya tampung sekolah diberlakukan. Berdasarkan data tahun lalu, siswa SMPN dari luar DKI yang diterima sebanyak 3.203 siswa, SMAN 1.471, dan SMKN 6.662 siswa.

Calon siswa dari luar DKI yang hendak bersekolah di SMAN DKI harus melakukan prapendaftaran terlebih dahulu di enam sekolah yang ditunjuk. Prapendaftaran SMAN/SMKN dilakukan 28-30 Juni, sedangkan prapendaftaran SMPN pada 21-22 Juni.

Untuk PPDB di SD sekolah standar nasional (SSN) dimulai hari Jumat (4/6/2010) hingga Sabtu (5/6/2010). Seleksi masuk diadakan pada Senin dan Selasa (8/6/2010). Peserta bisa menentukan pilihan sekolah sejak awal, apakah ingin bersekolah di sekolah negeri atau swasta. (sab)


Editor : Marcus Suprihadi
Sumber: