Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Data PPDB Sedang Dialihkan

Kompas.com - 03/07/2010, 10:06 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com Kosongnya data calon siswa di situs http://sma.ppdbdki.org sejak malam hingga pagi ini terjadi karena para operator di pusat IT PPDB sedang mengalihkan data ke server lain. Sembari memindahkan data yang sudah masuk, operator juga terus memasukkan data pendaftar yang masih menumpuk di sekolah.

"Sampai pukul 06.00 tadi sudah masuk 57.914 data calon siswa," kata Kepala Sub Bagian Umum Dinas Pendidikan DKI Bowo Irianto kepada Kompas.com, Sabtu (3/7/2010) pagi.

Seperti diberitakan, sejak malam tadi situs resmi PPDB DKI http://sma.ppdbdki.org sangat mudah diakses. Akan tetapi, data tentang posisi calon siswa di sekolah yang dituju ternyata kosong. Nama-nama yang sebelumnya sudah terpampang malah hilang.

"Dijamin tidak hilang, Mas, tapi karena memang sedang dialihkan," kata Bowo. Di mana alamat baru yang bisa diakses, Bowo tidak bersedia menjelaskan.

Mengenai kekhawatiran orangtua calon siswa yang menduga adanya permainan atau kecurangan dengan tidak transparannya pemasukan data itu, Bowo menjamin tidak akan terjadi. "Prinsipnya sebenarnya sama. Petugas meng-input data dulu, baru nanti kelihatan di web site. Hanya, memang tidak real time," katanya.

Dia menjamin, pukul 11.00 nanti sebagian besar data calon siswa sudah bisa dilihat di sekolah-sekolah tempat dia mendaftar (bukan sekolah tujuan). Adapun mengenai kemungkinan akses melalui komputer umum dari rumah atau warnet, Bowo belum bisa menjamin. Pasalnya, itu berkait dengan pemindahan data tadi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com