Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pendaftaran Lancar

Kompas.com - 08/07/2010, 03:43 WIB

Jakarta, Kompas - Pendaftaran ulang calon siswa SMA/SMK negeri di DKI Jakarta pada hari kedua lancar. Sampai kemarin, sebanyak 60.611 calon siswa SMA/SMK sudah mendaftar untuk memperebutkan 44.029 kursi. Pendaftaran diulang karena server sistem pendaftaran online rusak.

Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Taufik Yudi Mulyanto, Rabu (7/7) di Jakarta Pusat, mengatakan, masalah kerusakan server sudah dapat diatasi dan pendaftaran secara online berlangsung normal. Jumlah pendaftar pada hari kedua ini mencapai 75 persen dari total jumlah pendaftar tahun lalu yang mencapai sekitar 80.000 orang.

”Pendaftaran hari ketiga, Kamis, akan ditutup pada pukul 12.00, bukan pukul 15.00 seperti pada hari pertama dan kedua. Pengumuman siswa yang diterima akan ditayangkan mulai pukul 16.00,” kata Taufik.

Pengulangan pendaftaran, kata Taufik, membuat jadwal masuk kelas X SMA dan SMK diundur dari 12 Juli menjadi 19 Juli. Namun, kelas XI dan XII tetap masuk pada 12 Juli.

”Proses belajar mengajar untuk kelas X akan disesuaikan agar materi pelajaran yang disampaikan tetap utuh sesuai kurikulum yang ada,” kata Taufik.

Anggie, calon siswa yang ditemui di SMAN 65 Kebon Jeruk, mengatakan, proses pendaftaran selama dua hari ini lancar. Semua proses yang terkait dengan komputerisasi berlangsung baik, tidak seperti pekan lalu.

”Saya dapat melihat posisi urutan calon siswa secara real time di internet. Proses pendaftaran minggu ini jauh lebih baik daripada sebelumnya,” katanya.

Dosen Ilmu Politik Universitas Indonesia Andrinof Chaniago mengatakan, kerusakan server yang menyebabkan pengulangan pendaftaran harus diaudit instansi yang berwenang. Kerusakan itu diduga disebabkan niat para birokrat mengambil keuntungan ekonomi dari proyek bernilai miliaran rupiah ini.

”Pendaftaran secara online sudah berlangsung bertahun-tahun sehingga aneh jika ada kegagalan server karena kelebihan beban pengakses,” kata Andrinof.

Kesalahan teknis

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com