Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belum Belajar, Cuma Perkenalan

Kompas.com - 12/07/2010, 13:55 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Di hari pertama masuk sekolah tahun ajaran baru 2010/2011, kegiatan belajar mengajar (KBM) di sejumlah sekolah di Jakarta belum aktif. Untuk siswa baru, seperti biasa, hari pertama masuk sekolah hanya diisi perkenalan.

Hari pertama tahun ajaran baru ini, sejumlah sekolah memulangkan siswanya lebih cepat daripada hari biasa. Para siswa terlihat berkeliaran di luar sekolah meskipun waktu belum menunjukkan pukul 12.00 WIB.

"Belum belajar," kata Ardi, siswa kelas dua Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 216 Jakarta, Senin (12/7/2010).

Menurut dia, pada hari pertama sekolah seperti ini biasanya memang kegiatan belajar-mengajar belum aktif. Awal tahun ajaran baru hanya diisi pembagian jadwal pelajaran dan perkenalan bagi siswa baru.

"Biasanya hari kedua, bahkan kadang-kadang hari ketiga sekolah, belajar mengajar baru aktif seperti biasanya," ujar Ardi.

Hal senada dikatakan Icha, siswi kelas satu SMA 54 Jakarta. Hari pertama ia mengenakan seragam putih abu-abu dan hanya diisi perkenalan serta pembagian kelas. Bagi siswa baru, kata dia, biasanya diadakan orientasi untuk mengenal dan beradaptasi dengan sekolah selama tiga hari sehingga kegiatan belajar-mengajar tidak aktif bagi siswa baru seperti dia.

"Belum belajar, karena harus mengikuti orientasi siswa baru," kata Icha.

Tahun ajaran baru 2010 yang dimulai Senin (12/7/2010) ini dilaksanakan setelah kegiatan di sekolah libur selama sekitar tiga minggu. Hari pertama ini diwarnai kemacetan, karena sebagian besar orang tua mengantar anaknya ke sekolah secara bersamaan sehingga jalan-jalan terutama di kawasan sekolah padat.

Seperti diberitakan di Kompas.com, Senin (12/7/2010) pagi, kemacetan lalu lintas mewarnai Jakarta pada hari pertama para murid masuk sekolah sehingga tidak sedikit yang terpaksa terlambat masuk.

"Saya sudah berangkat dari rumah sekitar 45 menit sebelum jam masuk, tapi masih terlambat juga karena macet di mana-mana," kata seorang siswa SMAN  yang sekolahnya terletak di kawasan Kemanggisan, Muhammad Rizal, Senin (12/7/2010).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com