Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PSM Maranatha Juara Satu di Austria

Kompas.com - 14/07/2010, 19:34 WIB

WINA, KOMPAS.com - Paduan Suara Mahasiswa (PSM) Universitas Kristen Maranatha, Bandung, menyabet juara pertama pada Kompetisi Paduan Suara 47th Chorwetbewerb 2010, di Spittal der drau-Austria, 8-11 Juli 2010 lalu. Pada kejuaraan tahunan ini PSM Maranatha merupakan satu-satunya peserta dari Asia.

Manajer Proyek PSM Maranatha Roynaldy Tjalunggun dalam siaran persnya kepada Kompas.com, Rabu (14/7/2010) mengungkapkan, pada kejuaraan tersebut PSM Maranatha menyisihkan 10 tim dari sembilan negara lainnya antara lain Jerman, Ukraina, Hongaria, Belarusia, Finlandia, Rumania, Namibia, Serbia, serta Bulgaria.

Ditambahkannya, PSM Maranatha meraih juara pertama pada kedua kategori yang dipertandingkan tahun ini, yaitu kategori A untuk lagu-lagu jenis choral works, classical dan moderen, serta kategori B untuk lagu-lagu jenis folksong. Posisi kedua dan ketiga dipegang Hongaria dan Finlandia.

Di hadapan juri dan sekitar 400 hadirin yang hadir, PSM Maranatha membawakan lagu-lagu karya komposer klasik dalam kategori A. Satu lagu pilihan yang dibawakannya di kategori ini merupakan aransemen ulang komposer Indonesia, Ivan Yohan.

Sementara pada kategori B, PSM Maranatha membawakan lagu-lagu daerah Indonesia, yakni Yamko Rambe Yamko yang diaransemen oleh A Bambang Jusana), G’rimis G’rimis aransemen A Bambang JusanadanSatriya Krisna, serta Janger aransemen Avip Priatna & A Bambang Jusana. Penampilan mereka semakin menarik karena ditunjang kostum adat Papua dan Batik, disertai gendang sebagai instrumen pengiring tambahannya.

Selanjutnya, kata Roynaldy, rombongan PSM Maranatha akan melanjutkan rangkaian kegiatan dan konsernya di Munich, Jerman, dan Paris, Prancis. "Ini tentu prestasi yang membanggakan karena berhasil menyandingkan gelar juara pertama dari dua kategori perlombaan sekaligus," ujar Roynaldy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com