Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Donor Darah Bisa di Grosir Tanah Abang

Kompas.com - 16/07/2010, 13:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla, Jumat (16/7/2010), meresmikan Gerai Unit Donor Darah (UDD) untuk mal dan kampus. Setelah sebelumnya meresmikan gerai UDD di Senayan City, Jakarta Selatan, bulan lalu, kali ini JK kembali meresmikan UDD untuk kedua kalinya.

Gerai UDD yang berlokasi di lantai atap Pusat Grosir Blok A dan B Tanah Abang itu disebut-sebut sebagai gerai donor darah terbesar di Indonesia.

JK mengatakan, program pengadaan gerai UDD yang dicanangkan PMI tersebut merupakan salah satu upaya PMI dalam menjaring pendonor yang memang sangat diperlukan guna mencukupi kebutuhan akan penyediaan stok darah PMI. Upaya jemput bola yang dilakukan PMI dengan mendekatkan diri ke masyarakat tersebut diharapkan dapat mengumpulkan 4,8 juta kantong darah menjelang Ramadhan dan Lebaran.

"Ini sebagai upaya PMI dalam merangkul dan mendekatkan diri ke masyarakat. Ibaratnya bisnis, harus terjun langsung ke masyarakat agar mengena. Donor darah juga begitu. Dengan dibuat gerai-gerai di pusat aktivitas warga, seperti mal dan kampus, kami harap dapat lebih efektif menjaring pendonor," ujar JK di sela-sela acara di Mal Tanah Abang.

Rencananya, PMI menargetkan membangun seratus gerai yang akan tersebar di seluruh Indonesia. Selain telah dibuka di Senayan City dan Mal Tanah Abang, dalam waktu dekat ini PMI mengaku akan membuka UDD di Universitas Trisakti, Mal Makassar, Universitas Hasanuddin (Unhas Makassar), Olympic Garden Malang, Universitas 17 Agustus Surabaya, serta Universitas Jember. (Tribunnews/Alie Usman)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com