Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Ada Jual-Beli Buku di Sekolah

Kompas.com - 20/07/2010, 12:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Sekolah gratis seharusnya juga berlaku untuk buku pelajaran, yang gratis atau tidak diperjualbelikan di sekolah. Di sisi lain, meski sudah berjalan sejak dua tahun belakangan, pada praktiknya e-book sebagai pengganti buku-buku cetak pelajaran belum berjalan dengan semestinya. Pemerintah diminta mengevaluasi hal ini.

Demikian diungkapkan Ketua Umum Ikatan Penerbit Indonesia (Ikapi) Setia Dharma Madjid kepada Kompas.com di Jakarta, Selasa (20/7/2010). "Karena kenyataannya di lapangan itu e-book masih menjadi kendala," kata Setia.

"Tidak sampai ke daerah. Meskipun sampai, itu juga e-book yang tipis, lalu ke manakah e-book yang tebal?” kata Setia.

Dia mengatakan, sejatinya e-book juga bisa diunduh. Namun, kenyataannya, Setia mengungkapkan, hal itu tidak bisa dilakukan.

"Kami berharap agar Mendiknas memerhatikan hal ini. Kami juga sudah membentuk tim untuk menilai pengadaan buku-buku pelajaran untuk ke depannya, apakah akan dicetak massal atau bagaimana," tutur Setia.

Di sisi lain, Setia menegaskan, buku-buku pelajaran tidak boleh diperjualbelikan di sekolah. "Tidak ada jual-beli buku di sekolah. Sekolah gratis, ya, buku juga gratis,” ungkap Setia.

Diberitakan sebelumnya, Selasa (20/7/2010), Ikapi tak lagi menangani penerbitan buku-buku pelajaran bagi siswa-siswi tingkat dasar dan menengah karena hak ciptanya sudah dibeli oleh pemerintah sehingga sekarang pemerintah yang menangani penerbitan buku-buku pelajaran itu dan menggantinya menjadi e-book.

E-book, singkatan dari electronic book atau buku elektronik, kata Setia, tidak lain adalah sebuah bentuk buku yang dapat dibuka secara elektronis melalui komputer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com