Sabtu, 29 November 2014

News / Edukasi

Dokter Kecil

SDN Grogol 05 Raih Dokter Kecil Nasional

Jumat, 6 Agustus 2010 | 21:44 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - SDN Grogol 05, Jakarta Barat, meraih juara pertama Dokter Kecil Mahir Gizi yang digelar bersama-sama antara Perhimpunan Dokter Gizi Medika Indonesia (PDGMI), Kementerian Pendidikan Nasional, serta Caravan Gizi Dancow. Sementara juara kedua dan ketiga diraih oleh SD Kalam Kudus, Papua, dan SDN Klojen, Malang, Jawa Timur. Pemenang mendapatkan hadiah uang tunai yang akan digunakan untuk pembuatan kantin sehat di sekolahnya masing-masing.

"Tujuan program ini sebetulnya untuk mensosialisasikan sepuluh tanda umum anak sehat yang harus dimulai dari sekolah. Maka, program ini untuk memberikan edukasi tentang lingkungan sekolah yang sehat, untuk membentuk anak menjadi sehat dan juga cerdas,“ ujar Wakil Menteri Pendidikan Nasional Fasli Jalal di acara Penghargaan Nasional Dokter Kecil-Mahir Gizi: Sehat Dimulai Dari Sekolahmu, Jumat (6/08/2010) di Jakarta.

Dia mengungkapkan, dokter kecil merupakan program nasional yang dilaksanakan di sekolah-sekolah dasar di bawah arahan Pusat Pengembangan Kualitas Jasmani, Kemendiknas RI dan Kementrian Kesehatan RI. Program ini diharapkan mampu mengembangkan murid-murid SD agar memiliki pemahaman yang baik di bidang kesehatan.

"Diharapkan mereka Adapun bisa menjadi agen perubahan sosial di sekolah, yaitu dengan mendorong teman-temannya untuk selalu memiliki pola hidup sehat," ujar Fasli.

Melalui program ini, para Dokter Kecil diminta membentuk kelompok terdiri atas dari empat murid dan seorang guru untuk berbagi pengetahuan tentang gizi kepada para murid lain di sekolah. Tahun ini, program tersebut diikuti 180.000 anak dari 300 sekolah di 19 kota di seluruh Indonesia. Sebelumnya, para murid calon Dokter Kecil tersebut diberikan pelatihan tentang informasi gizi, memilih jajanan sehat dan aman, pengukuran status gizi, dan lain-lainnya.


Editor : Latief